01 Februari 2020

Hari Pertama Tes Kemenkumham Malut, 79 Peserta Lolos Passing Grade

Susana jalanya sistem tes CAT di geduang aula kampus I Unkhair Ternate (foto_humas kemenkumham malut)

TERNATE, OT - Pelaksanaan tes CPNS hari pertama yang dilaksanakan oleh Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku Utara (Malut), hanya 79 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos saat tes menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Kakanwil Kemenkumham Maluku Utara, Ramli melalui Kepala Bagian Umum, Muhd Kasim Umasangadji mengatakan dalam pelaksanaan tes CAT CPNS di lingkup Kemenkumham Malut, dilaksanakan di gedung aula kampus I Unkhair Ternate Kelurahan Akehuda.

Berdasarkan data yang tercatat pada hari pertama tes, hanya 79 peserta yang berhasil lolos nilai ambang batas atau memenuhi passing grade.

Menurut Kasim dalam pelaksanaan tes dengan sistem CAT ini panitia membagi beberapa sesi sesuai jadwal yang telah diumumkan oleh panitia, "dalam pelaksanaan tes pada hari pertama, semua sistem diambil alih oleh pusat kami hanya memfasilitasi apa yang akan dibutuhkan," kata Kasim.

Berdasarkan pembagian sesi, pelaksanaan tes hari pertama diikuti oleh 1.000 peserta, "untuk sesi pertama di pagi tadi terbagi sebanyak 2 sesi untuk sesi pertama 200 orang sesi ke dua 117 orang dengan jumlah total sebanyak 317 orang, dari 317 orang ini untuk pria sesi pertam sebanyak 170 orang dan wanita 30 orang di sesi kedua pria tidak ada namun wanita sebanyak 117 orang. Tetapi untuk yang hadir sebanyak 249 orang dan yang tidak hadir sebanyak 68 orang serta yang memenuhi syarat sebanyak 23 orang dan tidak memenuhi syarat sebanyak 226 orang.

Untuk sesi yang ke dua masih terbagi hingga selesai sore tadi diantaranya dari sesi 2,3,4 dan 5 dengan jumlah sebanyak 683 orang dimana untuk pria sebanyak 683 orang sedangkan untuk wanita kosong dari sesi 1 hingga sesi 5. Dari 683 orang ini yang hadir sebanyak 555 orang dan yang tidak hadir sebanyak 128 orang.

Sesi terakhir ini menurt Kasim dari sesi 1 sampai sesi 5 yang memenuhi syarat sebanyak 56 orang dan tidak memenuhi syarat sebanyak 499 orang.

"Maka dari hasil tes sistem CAT yang berhasil lolos hanya 79 orang dari jumlah total peserta di hari pertama sebanyak 1.000 orang," ujarmya.

Kasim menambahkan, pelaksanaan tes CAT ini pihaknya secara transparan tinggal peserta yang ingin belajar hingga bisa memenuhi target yang mereka capai. Untuk itu bagi yang akan tes besok sesuai jadwal peserta masing-masing maka dibarapkan untuk belajar.

"Pelaksanaan tes sistem CAT ini dihendel langsung oleh tim dari pusat sangat ketat pelaksanaanya kami hanya menyesuaikan kebutuhan yang lain jika dibutuhkan," pungkasnya.(ran)


Reporter: Randy Basri