Home / Nusantara

Gandeng KICI Malut, IKT Kembali Bangun Rumah Barifola di Santiong

12 Oktober 2021
Suasana penyerahan kunci rumah milik keluarga Karim Assor (foto_randi)

TERNATE, OT - Ikatan Keluarga Tidore (IKT) Provinsi Maluku Utara (Malut) bekerja sama dengan Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI) wilayah Provinsi Maluku Utara kembali membangun rumah Barifola milik keluarga Karim Assor di lingkungan RT.04/RW.04 Kelurahan Santiong Kecamatan Ternate Tengah.

Rumah Barifola yang dibangun selama 13 hari oleh 20 mujahid Barofola itu, merupakan rumah Barifola ke-236, sejak program bedah rumah dilakukan IKY Malut sejak 2008 silam.

Turut hadir pada acara penyerahan kunci rumah Barifola ke-236, Wali Kota Ternate, M.Tauhid Soleman, Ketua KICI Malut Hj. Nursia Abdul Haris, Sekretaris Umum IKT Malut, H Rizal Marsaoly, Koordinator Barifola, Syamsul serta pengurus IKT Malut dan Kota Ternate.

Selain itu, hadir juga Kadis DKP Kota Ternate, H Ruslan Bian, Asisten II kota Ternate, Bahtiar Teng, ketua tim penggerak PKK kota Ternate, Marlisa M. Tauhid serta tamu undangan lainnya.

Barifola

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan, program Barifola merupakan semangat dari keluarga besar Tidore yang telah dilakukan sejak tahun 2008.

Menurutnya untuk rumah Barifola ke-236, IKT bersama Komunitas Ibu Cerdas Indonesia Malut, membangun rumah milik keluarga Karim Assor di Santiong.

"Pemerintah Kota Ternate sangat mensuport dan mendorong kearifan sosial yang digagas IKT, karena kegiatan sosial seperti ini butuh dorongan sebab Barifola sudah banyak membantu masyarakat," kata Tauhid.

"Saya sangat suport dalam semangat babari seperti ini," ujar Tauhid saat ditemui indotimur.com.

Menurutnya, semangat babari atau gotong royong harus terus didorong sebagai upaya bersama mengentaskan kemiskinan di Kota Ternate.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada IKT, mujahid Barifola dan KICI yang ikut membantu pemerintah menekan angka kemiskinan, dengan membangun rumah yang layak huni bagi masyarakat di Kota Ternate.

"Hal seperti ini yang harus kita butuh suport dan dorongan agar terus bekerja sama dalam memberikan kehidupan masyarakat yang layak," katanya.

.

Sementara itu, Sekretaris Umum IKT Malut, H Rizal Marsaoly menjelaskan, rumah Barifola ke-236, merupakan program IKT Malut yang digagas sejak tahun 2008 silam.

Kata dia, sejak digulirkan tahun 2008, IKT telah mambangun rumah layak huni di sejumlah Kabupaten dan Kota di Maluku Utara.

"Pada rumah Barifola ke-236, IKT bekerjasama dengan KICI malam ini telah menyerahkan kunci rumah kepada keluarga Karim Assor di Santiong," ucap Rizal.

Dia menjelaskan, rumah milik keluarga Karim Assor yang telah dibangun oleh IKT.

Kata dia, untuk pembangunan rumah Barifola ke 236 ini merupakan rumah pertama yang dibangum setelah ketua umum IKT, Burhan Abdurahman meninggal dunia, "Barifola kedepan, akan terus dilaksanakan dan ini yang pertama setelah almarhum (Haji Bur-red) meninggal dan pembangunan rumah milik keluarga Karim Assor ini juga merupakan malam 100 hari almarhum," umgkap Rizal.

"Tentu pembangunan rumah Barifola ini akan terus kami laksanakan kedepan," kata Rizal.

Selaku Sekretaris IKT Malut, Rizal memastikan program Barifola akan terus dilakukan sebagai upaya membantu warga kurang mampu, membangkitkan semangat gotong royong dan ajang silarirrahmi warga Tidore dengan masyarakat di sekitar rumah Barifola yang dibangun IKT.

Rizal juga memastikan, kedepan program Barifola membuka ruang kerja sama untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam menyediakan rumah layak huni.

"Gerakan kemanusiaan Barifola, akan terus dilakukan sehingga IKT siap membuka ruang bagi siapapun atau lembaga apapun untuk bekerja sama dalam gerakan kemanusiaan Barifola," pungkasnya.

Dalam membangun rumah milik keluarga Karim Assor, 20 mujahid Barifola membutuhkan waktu pekerjaan selama kurang lebih 13 hari.

 (ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT