Home / Berita / Nasional

Satu Mantan Prajurit Lanal Ternate Gugur Dalam Peristiwa KRI Nanggala 402

25 April 2021
Mantan prajurit Lanal Ternate yang gugur bersama awak kapal selam lainnya

TERNATE, OT - Berita duka mendalam dialami keluarga besar Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ternate Provinsi Maluku Utara, atas gugurnya salah satu prajurit yang pernah bertugas di Lanal Ternate.

Prajurit yang atas nama Kopda Eko Prasetiyo itu merupakan salah satu prajurit yang tercatat sebagai awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan utara Bali.

"Kita sangat merasa kehilangan yang mendalam atas gugurnya satu mantan prajurit kita serta seluruh awak kapal KRI Nanggala 402 yang telah gugur," ujar Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P) Komaruddin kepada indotimur.com, Minggu (25/4/2021).

Menurutnya, mantan prajurit yang pernah dinas di Lanal Ternate itu berpangkat Kopda
atas nama Eko Prasetiyo dinas sejak bulan Oktober 2011 dan pindah ke Surabaya pada tahun 2013 karena mengikuti sekolah pendidikan calon awak kapal selam.

Komaruddin menyatakan, yang bersangkutan saat dinas seperti prajurit lainnya bisa ditugaskan di seluruh jajaran Lanal Ternate termasuk juga yang bersangkutan pernah ditugaskan ke Posal Mayau Batang dua.

"Dia juga sempat ditugaskan sebagai anggota Satkom yang bertugas menerima atau mengirim berita," ucap Danlanal.

Berdasarkan informasi dari rekan dan seniornya, semasa tugas bersama almarhum orangnya pendiam, bermasyarakat, suka bergabung dengan anak-anak remaja dalam pembinaan olahraga, dan tidak pernah meninggalkan sholat lima waktu di Musholla Lanal Ternate.

"Atas tragedi ini, semua prajurit TNI AL berduka semoga semua awak kapal diberikan tempat yang layak di sisi Allah SWT atas pengabdian menjaga kedaulatan negara Indonesia," pungkansya.

 (ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT