Home / Berita / Nasional

LPKA Ternate Raih Penghargaan Andikpas Dari Kementrian PPPA

17 Juli 2021
Menteri PPPA RI saat memberikan materi secara virtual

TERNATE, OT - Kantor Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Ternate Maluku Utara, Sabtu (17/7/2021) meraih penghargaan sebagai LPKA Ramah Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

Kepala Lapas Khusus Anak kelas II Ternate, Jayadikusumah mengatakan, pemberian penghargaan ini atas prestasi LPKA Ternate mengikuti seminar pelaksanaan kebijakan perlindungan khusus anak dari kekerasan yang dilaksanakan oleh Kementerian PPPA dalam momentum memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2021.

Kata dia, seminar Andikpas ini diikuti oleh seluruh LPKA yang ada di Indonesia secara virtual dan dihadiri langsung  oleh Menteri Hukum dan HAM dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Jayadikusumah menjelaskan, dalam kesempatan tersebut LPKA Ternate dinobatkan sebagai LPKA yang konsisten dalam pembinaan kesehatan mental bagi anak yang berhadapan dengan hukum.

"Salah satunya dengan memberikan pembinaan kepribadian seperti Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) hingga kegiatan khatam Al-Qur'an bagi Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas)," terang Jayadikuaumah.

Foto

Suasana Kakanwil Malut dan Kepala LPKA Ternate mengikuti seminar secara virtual

Selain LPKA Ternate, kata dia, ada juga beberapa LPKA yang dinobatkan juga sebagai LPKA ramah anak diantaranya LPKA Maros, LPKA Banda Aceh, LPKA Lombok, LPKA Tangerang dan LPKA Martapura dari 33 LPKA di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah di momentum HAN 2021 ini kita LPKA Ternate bisa dinobatkan sebagai LPKA ramah anak dari 33 LPKA di Indonesia," ungkap Jayadikusumah saat dikonfirmasi indotimur.com.

Sementara itu, terkait seminar, Jayadikuaumah mengatakan, seminar dibuka dengan tampilan Andikpas dari LPKA Maros dalam membacakan puisi dan Andikpas dari LPKA Ternate sebagai penutup kegiatan seminar nendengar suara anak di LPKA seluruh Indonesia dalam rangka nemperingati Hari Anak Nasional 2021.

"Pada momentum ini kita LPKA Ternate bisa bersaing dengan LPKA di Indonesia semoga dengan penghargaan ini LPKA Ternate kedepan bisa lebih maju lagi dalam pembinaan Andikpas dalam program ramah anak," pungkasnya.

 (ran)


Reporter: Randy Basri

BERITA TERKAIT