Home / Berita / Nasional

Bantuan Gempabumi Bacan Tahap I dari Kemensos Mulai Disalurkan

01 Maret 2021

HALSEL, OT - Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia melalui Direktorat Balai Rehabilitasi Sosial ODHIV-Karya Wasana Bahagia Ternate, menyerahkan bantuan kepada korban terdampak bencana gempabumi di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Kepala Balai, RSODHIV-Karya Wasana Bahagia, Udan Suheli saat menyerahkan bantuan, Senin (1/3/2021) di posko bantuan menjelaskan, saat ini pemerintah pusat baru menyerahkan bantuan permulaan atau tahap I untuk warga terdampak bencana gempabumi Bacan.

"Ini bantaun awal, bantuan berupa kebutuhan ini, sebelumnya sudah tersedia di gudang, jadi atas perintah ibu Menteri, kami langsung ke Halsel menyerahkannya," ujar Suheli kepada sejumlah wartawan, Senin (1/3/2021).

BACA JUGA :Update Sementara, 447 Rumah Warga di Enam Kecamatan Rusak Akibat Gempa Bacan 5,2 SR

BACA JUGA : Diguncang Gempa 5.2 Magnitudo, Gedung RSUD Labuha dan Kantor DPRD Halsel Retak

 

Menurutnya, bantuan awal yang diberikan tersebut berupa, makanan anak (biskuit) 150 pics, makan siap saji 300 pics, tenda besar serba guna 2 unit, matras 25 unit, kasur 50 unit dan genset 2 unit.

"Nah ini kami serahkan lebih dulu sebagai bentuk respon bencana dari kementerian sosial," terangnya.

Dia menambahkan, Kemensos baru akan mengucurkan bantuan tambahan setelah validasi data sudah selesai dan masuk ke balai yang dipimpinnya untuk selanjutnya diserahkan ke Kementerian Sosial sebagai laporan kucuran bantuan.

"Kalau datanya suda valid, kami akan kirim ke kementerian, agar ada tambahan namun yang utama adalah data," terangnya.

Suheli berharap agar sinergitas instansi terkait ditingkatkan untuk melakukan pendataan, sehingga bisa menjadi acuan sebagai laporan bantuan susulan dari Kemensos.

"Jadi kami harapkan data keseluruhannya sudah siap agar kami bisa melaporkannya," terangnya.

Udan berharap, bantuan awal yang disalurkan dapat memulihkan kondisi sosial dan psikologis korban bencana agar mereka dapat beraktivitas seperti sediakala pascabencana 26 Februari 2021.

Sementara Kadis Sosial  Halsel, Hi Jusmin yang menerima kunjungan Kemensos RI mengimbau instansi terkait agar segera menyelesaikan pendataan calon penerima bantuan.

Dia mengkalim, data yang dimiliki pemerintah daerah saat ini, masih bersifat sementara. "Yang hingga kini sebanyak 447 Kepala Keluarga (KK) calon penerima bantuan tersebut belum valid, itu masih data sementara," kata Kadinsos Halsel.

''Saya meminta semua dinas terkait agar bekerja semaksimal mungkin kalau bisa hari Minggu tetap berkantor. Begitu juga dengan korban bencana saya imbau untuk menyiapkan data-data yang dibutuhkan," imbaunya.(iel)


Reporter: Sahril Samad
Editor: Faujan A. Pinang

BERITA TERKAIT