Home / Pariwisata / Kuliner
06 September 2018

Air Jahe Akan Dikembangkan Gunakan Rumput Laut

Pembahasan Hasil Penelitian

TERNATE, OT - Salah satu materi yang dipaparkan dalam Seminar Desiminasi Hasil-Hasil Penelitian yang dilakukan akademisi baik melalui Unlhair Ternate maupun UMMU, adalah pembuatan air jahe, minuman lokal Ternate dengan penambahan rumput laut.

Materi yang dipaparkan dosen Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Ahmad Talib itu, menyoroti soal upaya untuk menjadikan air jahe sebagai minuman khas lokal yang diboboti dengan kandungan protein, mineral dan vitamin yang terdapat pada rumput laut.

Menurutnya, ini adalah langkah awal penelitian untuk memberikan infromasi kepada masyarakat tentang proses pembuatan air jahe dengan tambahan rumput laut untuk dijadikan minuman khas Kota Ternate

“Oleh karena itu saya mencoba untuk mengembangkan minuman ciri khas Kota Ternate yang dicampur dengan rumput laut, ini yang menjadi insiatif saya karena Maluku Utara khusus Kota Ternate juga memiliki sumber daya alam yang melimpah tapi tidak digunakan sebagaimana mestinya,” kata Ahmad.

Air jahe merupakan salah satu hidangan favorit warga Maluku Utara khususnya di Ternate, “Guraka atau jahe, gula merah dan kenari namun lebih ke spesifiknya ditambahkan dengan rumput laut karna potensi rumput laut sangat banyak ternyata hasilnya lumayan bagus selain menghangatkan tubuh juga dapat menambahkan gizi melalui rumput laut dan ada juga vitamin dan mineral," kata Ahmad.

Untuk menunjang hasil penelitian, bahan dan metode berdasarkan tempat presentasi sampel yaitu laboratorium Teknologi Hasil Perikanan (THP) UMMU serta analisis fisiko kimia yang dilakukan di Laboratorium Gizi dan Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sebagai putra daerah, kita harus bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat orang lain maupun daerah kita sendiri," pungkasnya.(red)


Reporter: Safrin Samsudin Gafar