Home / Advertorial / Kotaku

Wali Kota Tinjau Pembangunan Penataan Makassar Timur

16 Agustus 2021

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengunjungi Kelurahan Makassar Timur untuk melihat progras penataan kawasan tersebut.

Turut mendampingi Wali Kota dalam kunjungan tersebut, Plt kepala Bappelitbangda, Rizal Marsaoly, Kepala Dinas Perkim, Nuryadin Rahman, Balai BPPW PKP Maluku Utara, Koordinator KOTAKU, dan Dinas PUPR Kota Ternate.

.

Usai meninjau sejumlah proyek pembangunan penataan kawasan Makassar Timur yang bersumber dari dana sharing APBD dengan APBN itu, Wali Kota menyampaikan, proyek penataan kawasan Malassar Timur masuk dalam program skala prioritas.

Menurutnya, ada sejumlah program penataan kawasan Malassar Timur yang saat ini mulai dikerjakan.

"Alhamdulillah penataan Makassar Timur ini sudah mulai jalan sesuai dengan skema yang sudah direncanakan," kata Tauhid saat memberikan keterangan kepada wartawan di lokasi, Minggu, (15/8/2021).

.

Kata dia, yang paling utama dalam penataan kawasan Makassar Timur adalah memperbaiki rumah-rumah agar layak huni.

Selain itu, penataan pedistrian, kawasan anjungan dan penataan akses jalan lingkungan di kawasan padat penduduk itu juga menjadi prioritas dalam proyek penataan kawasan ini.

"Supaya nanti jalan tersebut dapat difungsikan warga untuk kepentingan transportasi. Serta untuk transportasi dalam keadaan darurat atau pelayanan pemerintahan lainnya, seperti mobil sampah, ambulance, hingga damkar," ujarnya.

Wali Kota menyebut, untuk membuka akses jalan lingkungan di kawasan tersebut, pemerintah masih mengalami kendala, karena masih ada warga yang belum menyepakati soal harga lahan.

"Semua warga setuju dan bersedia membuka akses untuk pembuatan jalan lingkungan selebar 6 meter, tetapi masih terkendala satu rumah yang belum ada kesepakatan harga. Tapi itu sudah dikonsultasi ke pengadilan. Sehingga tinggal menunggu hasil dari pengadilan," ungkap Wali Kota.

"Mudahan-mudahan secepatnya bisa diselesaikan sehingga akses timur-barat bisa dilalui oleh kendaraan," harap Tauhid.

.

Orang nomor satu d jajaran Pemkot Ternate itu menambahakan, untuk program KotaKu di kawasan Malassar Timur, ada beberapa item pekerjaan, diantaranya, pembangunan rumah layak huni, pedistrian kawasan Makassar Timur serta pembangunan anjungan untuk pedaganag kuliner di pesisir pantai.

Pengerjaan bagian dalam kawasan Makassar Timur, ditargetkan selesai pada bulan Desember 2021, sedangkan penataan anjungan ditargetkan tahun depan.

"Insya Allah bisa selesai Desember, karena ini kan' pakai DAK integrasi," tandasnya. 

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT