Home / Kabar Kota Tidore

Dukung Sensus Penduduk, Wali Kota Tidore Terima Kunjungan Kepala BPS

01 Juli 2022
Wali Kota Tidore Terima Kunjungan Kepala BPS

TIDORE, OT- Dalam rangka mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan/ Long Form Sensus Penduduk 2020 (LF SP2020), Walikota Kota Tidore Kepelauan Ali Ibrahim menerima kunjungan dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Oki Afrizal di Ruang Kerja Wali Kota.

Wali Kota Tidore Ali Ibrahim menerima dengan baik dan menyatakan dukungannya atas kegiatan tersebut.

“Saya mengajak masyarakat Kota Tidore Kepulauan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan sensus penduduk 2020 berkelanjutan dalam rangka program pembangunan sehingga penyediaan data jumlah komposisi persebaran dan karakteristik penduduk dalam penetapan perencanaan kebijakan pemerintah dengan hasil pendataan yang lakukan oleh BPS akan memudahkan untuk membuat acuan,” tutur Ali.

Dia berharap, dengan adanya program sensus penduduk lanjutan ini data yang tersaji lebih lengkap dan kualitasnya lebih baik.

Dalam kunjungan tersebut Kepala BPS Oki Afrizal mengatakan, Sensus Penduduk 2020 lanjutan bertujuan untuk memperkirakan jumlah, distribusi dan komposisi penduduk, memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi antara lain kelahiran,kematian, dan migrasi sumber data dari indikator Angka Kematian Ibu, memperbarui data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk, menyediakan data karakteristik penduduk dan perumahan, sumber data dari indikator kependudukan untuk SDGs yang tidak dapat diperoleh dari sumber lain, serta sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Lanjut Oki, pendataan sensus penduduk 2020 lanjutan dilakukan secara sampel dalam satu kelurahan dan desa sebanyak 16 rumah tangga yang diambil sampelnya, Pencacahan Sensus Penduduk 2020 lanjutan dilaksanakan pada 1 sampai 30 Juni 2022, petugas sensus akan melakukan wawancara langsung kepada penduduk yang terpilih sebagai sampel.

Di akhir Rian Azhari sebagai petugas Pendataan dari BPS mewancarai Wali Kota terkait Data Kependudukan dari Ali Ibrahim, sebagai salah satu sampel sensus penduduk 2020 lanjutan yang dilaksanakan BPS Kota Tidore Kepulauan.(uji)


Reporter: Fauji Husen
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT