Home / Berita / kesehatan
10 Desember 2018

Tinggal Menungu Hari Hasil Akreditasi Puskesmas Daruba Dari Kemenkes RI Keluar

Suasan Puskesmas Daruba Saat Aktreditasi

DARUBA, OT - Tinggal menunggu hari hasil akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Daruba  Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara (Malut) yang dikeluarkan oleh komisi akreditasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Kepala Puskesmas Daruba Dr. Adil Makmur kepada Indotimur.com mengatakan, ada empat tipe bagi Puskesmas Daruba yang nanti ditetapkan oleh komisi akreditasi Kemenkes RI.

"hasil akreditasi dari tim penilaian komisi akreditasi Kemenkes baru akan dikeluarkan di akhir Desember, dan ada empat tipe. Salah satunya nanti disandang Puskesmas Daruba yakni, tipe dasar, madia, utama dan paripurna," kata dia.

Sementara dari empat tipe tersebut yang merupakan tipe istimewa yang diinginkan oleh seluruh Puskesmas se-Indonesia, yakni tipe paripurna, yang mana Puskesmas Daruba belum bisa capai tipe tersebut dengan adanya masih banyak kekurangan.

Meskipun demikian, dirinya optimis mencapai tipe madia bahkan utama. "Kalau tipe paripurna saya rasa Puskesmas Daruba belum bisa, karena kami menyadari masih banyak kekurangan tapi kami tetap optimis bisa masuk dan capai tipe madia bahkan tipe utama," harap Kepala Puskesmas.

"Selama tim di Morotai mereka mendalami dari sisi dokumen akreditas, dokumen administrasi, berkas dan kelayakan bangunan serta mutu pelayanan kepada pasien, termasuk pembekalan yang diberikan dari sisi perbaikan administrasi," ujarnya.

(hiz)


Reporter: Hizbullah Ode