Home / Berita / kesehatan
28 Desember 2018

RS Prima Ternate Diakreditasi Tim Surveyor KARS

TERNATE, OT - Surveyor dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Kamis (27/12/2018) mendatangi rumah sakit Prima guna melakukan akreditasi terhadap aktifitas rumah sakit swasta yang beralamat di jalan raya Mangga Dua lingkungan Mangga Dua, RT 013/RW 006 Mangga Dua Utara Ternate Selatan.

Hadir pada acara tersebut, Surveyor KARS, Dr dr H Hanny Rono Sulistiyo, Sp, OG (K) MM beserta Ns Agnes Madianung S.Kep MARS bersama perwakilan Dinas Kesehatan Kota Ternate, Kadis Kesehatan Kota Ternate, Ketua IDI Malut, Perwakilan BPJS, pimpinan RST, perwakilan Yayasan Nurul Laila serta tamu undangan lainnya.

Direktur rumah sakit Prima, dr M Taha Albaar, Sp PD dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada kepada tim Survey Akreditasi dari KARS yang akan melakukan akreditasi terhadap rumah sakit Prima.

dr Taha menyampaikan, kedatangan tim surveyor merupakan jawaban atas pengajuan akreditasi yang disampaikan rumah sakit Prima kepada pihak KARS. "Survey akreditasi merupakan kegiatan akreditasi yang mana menjadi kewajiban setiap rumah sakit di Indonesia. Kegiatan akreditasi ini, minimal dilaksanakan setiap tiga tahun sekali," kata dr Taha.

Pada kesempatan tersebut, dr Taha juga menyampaikan gambaran umum keadaan rumah sakit Prima beserta visi dan misi rumah sakit.

Dr dr H Hanny Rono Sulistiyo dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap komitmen managemen rumah sakit Prima untuk melakukan proses akreditasi, "memberikan apresiasi kepada pihak rumah sakit Prima lewat dorongan untuk tetap semangat dalam melaksanakan akreditasi serta mau membenahi diri lebih jauh kedepan," kata Surveyor Hanny Sulistiyo.

Menurutnya, pemerintah dalam hal ini, dinas terkait harus mensinergikan program atau kegiatan rumah sakit yang ada di Ternate serta pentingnya dukungan dari dinas terkait dalam membantu rumah sakit, sehingga rumah sakit mampu memfokuskan diri dalam melayani pasien.  

Dia berharap, pihak-pihak terkait yang ikut pada kegiatan ceremony ini, terus hadir hingga kegiatan ini berakhir pada tanggal 29 Desember mendatang, "sehingga dapat memantau, melihat serta ikut terlibat secara langsung dalam pembenahan baik selama proses akreditasi maupun pasca akreditasi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua IDI Kota Ternate, dr Alwia Assagaf, M Kes menyatakan, rumah sakit Prima merupakan rumah sakit swasta pertama di Ternate yang melaksanakan kegiatan ini.

Kata dia, kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 27 hingga 29 Desember 2018, "akreditasi ini meliputi, Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Kompetensi dan Kewenangan Staf (KKS), Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI) serta Sasaran Keselamatan Pasien (SKP)," tutup dr Alwia.   (thy)


Reporter: Ibenk