Home / Berita / kesehatan
05 Juli 2019

Enam Puskesmas di Haltim Sebagai Calon Locus Akreditasi 2019 Ikut Workshop

Suasana workshop

MABA,OT- Enam Pusat Kesehatan Masyraakat (Puskesmas) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut), sebagai calon Locus Akreditasi mengikuti Workshop audit internal dan tinjauan manajemen serta Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko Tingkat Puskesmas tahun 2019.

Enam Puskesmas itu, yakni Puskesmas Saramaake Kecamatan Wasile Selatan, Puskesmas Dodaga Wasile Timur, Puskesmas Wayamli Maba Tengah, Puskesmas Mabapura Kota Maba dan Puskesmas Bicoli Maba Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Vita Sangadji melalui Sekretaris Rustam Said mengatakan, akreditasi Puskesmas merupakan pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi. "Ini dilakukan untuk meninhkatkan mutu pelayanan kesehatan yang juga ditetapkan oleh menteri," kata Rustam, pada saat membuka dengan resmi Workshop di aula Penginapan Samada, Jumat (05/07/2019).

Dikatakan, enam puskesmas tersebut akan melalui tahapan-tahapan kurang lebih 6-9 bulan lamanya sampai pada pelaksanaan Survey. "Jadi tahapan ini akan berlangsung enam sampai sembilan bulan maka perlu di seriusi," katanya.

Kata dia, tahapan berupa pemahaman standar dan instrumen akreditasi, self assesment awal, pendampingan penyusunan dokumen, implementasi dokumen dan Pra Survey. Selain itu, workshop juga pendukung implementasi seperti yang saat ini.

Lanjut dia, Kepala Dinas mengharapkan agar Tim Pendamping Akreditasi Kabupaten dapat mendampingi Puskesmas dalam mempersiapkan tahapan proses akreditasi. "Saya berharap pada Kepala Puskesmas yang akan diakreditasi agar bersama dengan staf bekerja sehingga peroleh hasil yang maksimal," harap Kandinkes Ucap Sekretaris Rustam.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar