Home / Berita / kesehatan
04 Juli 2019

Dinkes Target Seluruh Puskesmas di Haltim Terakreditasi Tahun 2020

Sabarudin

MABA,OT- Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Haltim terakreditasi di Tahun 2020.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Haltim, Sabarudin mengatakan, rencana target seluruh Puskesma di Kabupaten Haltim terakreditasi di Tahun 2020, karena saat ini dari 16 Puskesmas sudah sebagian yang terakreditasi. "Insya Allah di tahun 2020 itu, selurunya sudah terakreditasi," kata Sabarudin, Kamis (04/07/2019).

Kata dia, di tahun 2018 ada 6 Puskesmas telah mencapai target Locus akreditasi diantaranya, 3 Puskesmas  Akreditasi Dasar yakni Puskesmas Kota Maba, Puskesmas Lolobata dan Puskesmas Nusa Jaya serta  Akreditasi Madya, yakni Puskesmas Buli, Puskesmas Wayamli Pesisir dan Puskesmas Subaim. "Jadi sudah 6 Puskesmas yang telah mencapai target Locus Akreditasi," katanya.

Dikatakan, untuk tahun 2019 dilanjutkan dengan enam Puskesmas dan saat ini dalam tahapan proses pendampingan. "Enam Puskesmas itu yakni, Puskesmas Bicoli, Puskesmas Mabapura, Puskesmas Wayamli, Puskesmas Labi-Labi dan Puskesmas Dodaga," ujar Sabarudin.

Lanjut dia, terkait itu, besok Jumat (05/07/2019) akan dilaksanakan kegiatan Audit Internal dan Peninjauan Manajemen selama tiga hari. "Dan dilanjutkan dengan Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen resiko dilaksanakan selama 2 hari di penginapan samada.

"Jadi kegiatan ini pesertanya kita undang peserta dari puskesmas terkait dan pematerinya dari Dinkes Provinsi," ujarnya.

Dia melanjutkan, dengan kegiatan ini diharapkan dari Enam Locus Akreditasi Puskesmas menjadi 12 Locus Akreditasi. Artinya target di tahun 2020 selruh Puskesmas di haltim terakreditasi.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar