Home / Berita / Hukrim

Pakai Hasil PCR Istri, Seorang Pria di Ternate Nekat Pakai Cadar Saat Naik Pesawat

20 Juli 2021
AKBP Aditya Laksimada (foto_riko)

TERNATE, OT - Penyidik Kepolisian Resort (Polres) Ternate sedang melakukan penyelidikan terhadap salah satu warga kota Ternate berinisial DW yang diduga memalsukan dokumen hasil test PCR saat melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Ternate.

Informasi yang dihimpun indotimur.com, menyebutkan, DW merupakan salah satu penumpang maskapai pesawat Citilink dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta tujuan Bandara Sultan Baabullah Ternate pada Minggu (18/7/2021) kemarin.

Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada mengatakan, peristiwa ini bermula saat polisi mendapat laporan dari petugas pos bandara Ternate yang menyebut, ada seorang warga Ternate yang ditemukan memalsukan dokumen perjalanan.

Atas laporan tersebut, polisi bersama petugas kesehatan Satuan Tugas (Satgas) covid-19 kota Ternate, langsung mengamankan yang bersangkutan.

Kata dia, meski yang bersangkutan belum ditahan, namun pihaknya telah melakukan pengawasan secara ketat, karena berdasarkan hasil rapid test antigan, yang bersangkutan rekatif, sehingga harus melakukan isolasi mandiri di kediamannya di Kelurahan Kalumata.

"Terduga pelaku sendiri masih jalani isolasi tetapi terus dipantau penyidik jika sudah selesai isolasi baru dilakukan pemeriksaan," ungkap Aditya saat dikonfirmasi indotimur.com, Senin (19/7/2021).

Aditya menjelaskan, kronologis DW diduga memalsukan dokumen PCR, setelah yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Ternate menggunakan nama Liyano Vita yang tak lain adalah istrinya.

DW kabarnya lolos dari pemeriksaan petugas di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta dengan cara menggunkan cadar serta menunjukkan semua dokumen palsunya ke petugas.

Kedok DW terbongkar saat pramugari memergoki yang bersangkutan membuka cadar dan mengganti pakaiannya dengan kemeja di tolilet pesawat.

Crew kabin pesawat kemudian melaporkan perbuatan DW ke petugas  bandara Sultan Baabullah di Ternate. Petugas bandara Sultan Baabullah langsung menahan DW untuk kepentingan pemeriksaan.

Selain diperiksa DW juga menjalani tes usap antigen dengan hasil reaktif, sehingga langsung dibawa ke rumah untuk menjalani isolasi mandiri.

Aditya memastikan, polisi juga telah mengamankan beberapa alat bukti berupa tiket pesawat milik terduga pelaku yang merupakan nama dari istrinya, hasil PCR, KTP, sertifikat vaksin, jaket warna itam, masker warna itam dan jilbab atau cadar yang digunakan DW untuk mengelabui petugas di bandara Halim Jakarta.

Orang nomor satu di jajaran Polres Ternate itu memastikan kasusnya masih dalam penyelidikan sebab terduga pelaku ini masih menjalani isolasi mandiri.

"Jika sudah selesai isolasi maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tegas Kapolres.

"Tidak menutup kemungkinan jika penyelidikan ada unsur pidana tetap kita proses nanti kita juga akan berkoordinasi dengan pihak Bandara Halim Perdana Kusuma soal kasus ini," pungkasnya.(ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT