Home / Indomalut / Haltim
16 Juli 2019

Pemkab Haltim Kembali Dorong Pemekaran Kecamatan Wasile Selatan

Moh Abdu Nasar

MABA,OT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) akan mendorong kembali rencana usulan Pemekaran Kecamatan Wasile Selatan Menjadi dua wilayah.

Sekretaris daerah (Sekda) Haltim, Moh Abdu Nasar mengatakan, rencana usulan pemekaran tersebut pertama kali disampaikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Haltim. "Jadi usulan pemekaran ini pertama kali diusulkan oleh teman-teman DPRD melalui inisiatif yang disampaikan ke Pemkab," kata Abdu Nasar, di ruang kerjanya, Selasa (16/07/2019).

Dikatakan, setelah DPRD mengusulkan pemekaran tersebut, tim Pemkab Haltim langsung turun ke Wasile Selatan serta mengkroscek wilayah administratif. "Sesuai laporan dari Kabag Hukum bahwa instruksi Bupati Muh Din agar Pemkab Haltim mengusulkan kembali usulan pemekaran Kecamatan tersebut. Bahkan pak Bupati minta kita dorong usulan pemekaran kecamatan wasile selatan," jelasnya.

Lanjut dia, untuk itu saat ini dirinya telah memerintahkan Bagian Hukum agar membuat Surat Keputusan (SK) Tim Pemekaran, agar dasar dari SK itu sudah bisa melangkah sehingga saat ini SK sudah diproses.

Abdu menambahkan, rencana pemekaran kecamatan tersebut dirinya belum dapat dipastikan waktu karena membutuhkan anggaran. "Kalau tim sudah terbentuk tentu kita butuh anggaran untuk proses langkah-langkah selanjutnya," tambah Abdu seyara mengatakan kalau dimungkinkan akan diusulkan pada Perubahan kalau tidak maka ditahun 2020.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar