Home / Indomalut / Haltim
15 Mei 2019

Pemkab Haltim Fokus Pengembagan Cengkih dan Pala

Din Adjision

MABA,OT- Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) melaluu Dinas Pertanian, terus mengembagkan komoditas perkebunan rakyat khususnya Pala, Cengkih dan Kelapa.

Kepala Dinas Pertanian Haltim Din Adjision mengatakan, tahun ini pihaknya akan melakukan pengadaan ribuan bibit khususnya Pala dan Cengkih untuk disebar dibeberapa wilayah pengembagan.

"Kalau cengkih kita fokus wilayah pengembagan di wasile selatan, karena memang lokasi yang pas itu di kecamatan itu, sedangkan untuk pala sendiri pengembagannya menyeluruh di 10 kecamatan yang tersebar di haltim," kata Din.

Dikatakan, pengembagan sektor pertanian pada tiga komoditas tersebut diharapkan kedepannya bisa menjadi komoditas unggulan yang bisa diandalakan untuk mendorong kesejahteraan masayarakat di Haltim. "Kita tau saat ini harga komoditas baik pala dan cekih masih sangat menjanjikan maka fokus pengembagan kita tahun ini masih pada sektor ini,"" katanya.

Sementra untuk anggaran penyediaan bibit pala dan cengkih, Din mengaku, tahun ini berasal dari APBD Haltim dan APBN. "Saya lupa total anggarannya, yang pasti kita berharap hasilnya bisa di rasakan masayarakat, untuk masa masa yang akan datang," ujar Din.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar