Home / Indomalut / Haltim
14 Januari 2020

DPRD Haltim Panggil Dinas PUPR dan BPBD Terkait Pembangunan Jembatan Buli dan Mabulan

Suasana rapat komisi III DPRD Haltim dengan Dinas PUPR dan BPBD

MABA,OT- Komisi III DPRD Kabupaten Halmahera Timur (Haltim),memanggil Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Penanggulangam Bencana Daerah (BPBD) Haltim, Maluku Utara (Malut), Selasa (14/1/2020).

Ketua Komisi III, Ashadi Tajuddin mengatakan, pemanggilan dua dinas teknis yakni Dinas PUPR dan BPBD ini terkait dengan masalah bencana alam di kecamatan Maba Utara dan Wasile Utara.

"Jadi hari ini kita bahas masalah yang terjadi di Maba Utara dan Wasile Utara," kata Ashadi, Selasa (16/01/2020).

Dikatakan, terputusnya dua jembatan di Kali Buli Kecamatan Wasile Utara dan Kali Mabulan Kecamatan Maba Utara sehingga membuat akses warga terputus. Maka pihaknya memanggil dua dinas teknis ini untuk bahas dan mencari solusinya.

Kata dia, BPBD juga diharapkan dapat membantu sehingga penanggulangan bencana ini masuk kategori bencana di Kebencanaan.

"Apabila BPBD tidak bisa mengatasi, maka kami minta PUPR taktisi sehingga warga bisa terakses dengan jembatan yang terputus," katanya.

Lanjut dia, menurut penjelasan PUPR Haltim bahwa saat ini progres pembangunan Jembatan Kali Buli sedang berjalan.

"Alhamdulillah mungkin dua atau tiga minggu kedepan warga sudah bisa akses kali Buli," ujarnya.

Sementara lanjut dia, untuk Kali Mabulan di Maba Utara karena bentangannya terlalu panjang sehingga dibutuhkan proses.

"Saya sudah minta kepada BPBD agar berkoordinasi dengan pa Bupati, jika ada anggaran Bencana yang melekat di Keuangan masih ada agar itu yang dipakai sehingga dapat teratasi dan terselesaiakan," kata Ashadi.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar