Home / Indomalut / Haltim
12 Juni 2019

Dinkes Haltim Bakal Tertibkan Depot Air Yang Tidak Layak Dikonsumsi

dr. Vita Sangadji

MABA,OT- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) dalam waktu dekat bakal melakukan penertiban Depot Air Minum di wilayah Haltim yang tidak layak dikonsumsi.

Kepala Dinkes Haltim, dr Vita Sangadji mengatakan, penertiban dilakukan sekaligus dengan pengambilan sampel standar Bakteriologis. "Tim sudah ambil sampel tetapi bertepatan dengan lebaran sehingga sebagian belum diambil," kata dr Vita, diruang kerjanya, Rabu (12/06/2019).

Dikatakan, meskipun baru sebagian yang diambil sampel oleh tim petugas dari Dinas Kesehatan namun hasil sampel tersebut telah diteruskan ke Ternate untuk dilakukan pemeriksaan bakteriologis.

Kata dia, standar Bakteriologis untuk dua tahun lalu Dinkes telah melakukan pemeriksaan beberapa Depot Air di Kota Maba dan memenuhi standar bakteriologis dan dapat dilanjutkan. "Hanya ada satu Depot Air yang kita tutup karena tidak memenuhi syarat Bakteriologis," katanya.

Lanjut dia, Dinkes telah melakukan evaluasi selama enam bulan bahkan hingga satu tahun tetapi hasilnya air tidak layak konsumsi. "Jadi kami rekomendasikan tutup karena memang tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Dikatakan, dalam waktu dekat ini tim dari Dinas kesehatan akan melanjutkan pengambilan sampel di Mabapura. "Ada bebera Depot air yang sudah diperiksa dan akan juga di Mabapura yang akan diperiksa. Kalau memang tidak layak dan tidak memenuhi syarat Bakteriologis maka kami tetap akan tutup sambil lakukan pembinaan kepada pemilik Depot air," kata Vita.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar