25 Juni 2019

Tahun Ini, Diskomsandi Ternate Pasang Internet Gratis Pada Tiga Titik

Selain Di Kantor Wali Kota, Internet Gratis Juga Dipasang Di Puskesmas Kota, Kantor Wali Kota Dan Kecamatan Hiri

Kepala Diskomsandi Ternate, Thamrin Marsaoly

TERNATE, OT - Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate tahun ini menyediakan program internet gratis atau Internet Untuk Rakyat (Ikra), yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp,140 juta. 

Kepala Diskomsandi Ternate, Thamrin Marsaoly kepada sejumlah wartawan termasuk indotimur.com, Selasa (25/6/2019) mengatakan,  pada tahun ini, pihaknya kembali akan memasang internet gratis pada sejumlah lokasi diantaranya, di kantor Wali Kota Ternate dan Puskesmas Kota Ternate serta sejumlah fasilitas publik.di Kecamatan Pulau Hiri.

"Pemasanagan Internet gratis di kantor Wali Kota karena, kantor baru saja pindah ke bekas kantor Gubernur sehingga dilakuka pemasangan internet gratis kembali. Untuk di Puskesmas Kota Ternate belum bisa dipasang, menunggu selesai pembuatan kantor baru, sedangkan di Kecamatan Hiri semua alat sudah terpasang tinggal on dari Sofifi," kata Thamrin saat ditemui di kantor Wali Kota, Ternate.

Sebelumnya, kata Thamrin, pada tahun sebelumnya, pihaknya sudah melakukan pemasangan internet gratis melalui program Ikra pada sejumlah ruang-ruang publik diantaranya, di Taman Toboko, pusat keramaian serta fasiltas publik lainnya.

Meski begitu, dia mengaku, kapisitas Internet tidak terlalu besar karena terbentur keterbatasan anggaran.

Thamrin menambahkan, meski saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) telah diusulkan anggaran sesuai dengan kapisitas internet yang besar, namun anggaran yang diusulkan tidak diakomodir, "sehingga kami menggunakan sistem Indihome," ucap Thamrin seraya mengaku, untuk program Ikra, pihaknya hanya dialokasikan anggaran sebesar Rp.140 juta.

"Dengan anggaran seperti itu, kalau kita pakai yang kapasitas besar, berarti hanya mampu membayar untuk 6 bulan, maka kami berupaya untuk meminimalisir anggaran dengan memasang indihome dengan kapasitas menengah, tentu kami akan berusaha untuk memasang di semua tempat yang dibutuhkan," pungkasnya. (thy)


Reporter: Ibenk