Home / Diskominfosandi

Dukung Migrasi TV Digital, Kominfo Bakal Salurkan Bantuan Peralatan TV Digital Untuk Keluarga Prasejahtra

Pendistribusian Bantuan Set Top Box STB, Diskomsandi Ternate Libatkan Dinas Sosial
21 September 2021
Kepala Diskomsandi Kota Ternate Anas Konoras

TERNATE, OT - Pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Imformasi (Kemkominfo)  berencana menyalurkan bantuan set top box untuk mendukung program migrasi TV analog ke digital.

Kepala.Dinas Komunikasi, Informasi.dan Persandian Diskomsandi).Kota Ternate, Anas Konoras mengatakan, untuk memastikan siaran TV digital dapat dinikmati seluruh masyarakat, Kemenkominfo akan menyalurkan bantuan set top box bagi rumah tangga prasejahtra.

Rencananya, ,bantuan set top box STB untuk program siaran TV digital bagi rumah tangga prasejahtra akan disalurkan oleh tiga Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), diantaranya, Grup Surya Citra Media, Grup Media, dan Grup Rajawali.

Anas mengatakan, untuk mendukung proses migrasi tv analog ke tv digital, Kemenkominfo melalui Direktorat Pitalebar akan mendistribusibusikan bantuan top set box STB untuk masyarakat kurang mampu yang masih mengunakan tv analog atau tabung.

Pemdistribuaian ini bertujuan agar maayaralat dapat menerima siaran digital yang rencananya analog switt off pada Nopember 2022 mendatang.

"Untuk memperlancar distribusi bantuan peralatan yang rencananya mulai didistribuaikan pada bulan April tahun depan, pemerintah akan melibatkan instansi tekhnis lainnya, termasuk Dinas Sosial untuk menginventarisir leluarga prasejahtra yang masih menggunakan tv analog atau tv tabung," kata Anas.

Dia menambahkan, untuk masyarakat yang saat ini memiliki tv led atau smart tv, peealatan ini tidak dibutuhkan karena sudah memiliki kemampuan menangkap siran digital.

Anas memastikan, data-data keluarga prasejahtra yang saat ini dimiliki Dinas Sosial, masih akan diupgrade agar bantuan ini tepat sasaran.(tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT