15 Juli 2019

Diskomsandi Ternate Bekali Generasi Super Milenial Ternate Dengan Internet Sehat

Foto bersama peserta sosialisasi.dengan Diskomsandi Ternate

TERNATE, OT - Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate, Senin (15/7/2019) melaksanakan sosialisasi Internet Sehat kepada 100 siswa SD dan SMP dari 30 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Ternate di aula eks Kantor Wali Kota Ternate.

Sosialisasi Internet Sehat yang melibatkan 100 pelajar SD dam SMP se-Kota Ternate itu, dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 tahun 2019.

Dengan mengusung tema,"Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital Menuju Generasi Kreatif, Inofatif dam Produktif" Diskomsandi Ternate membekali generasi super milenial di Ternate tentang penggunaan internet secara sehat dan cerdas.

Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Thamrin Marsaoly saat membuka sosialisasi mengatakan, kegiatan sosialisasi Internet Sehat, merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan oleh jajaran Pemkot Ternate, melalui Diskomsandi.

Kata dia, sasaran kegiatan untuk pelajar SD dan SMP se-Kota Ternate karena penggunaan internet di kalangan generasi super milenial ini, mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data yang diterima, penggunaan gedget di kalangan pelajar mencapai 80 persen, "bahkan saat ini, siswa kelas 2 SD sudah menggunakan gedget, tentu pemerintah berkewajiban untuk membekali generasi di Kota agar bijak dalam menggunakan fasilitas internet.

"Dalam sistim android, tentu ada banyak konten positif maupum negatif dan saat ini, konten negatif lebih dominan dari konten positif, inilah yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini, kita berharap, dengan sosialisasi ini, generasi muda yang lahir di atas tahun 2000, memiliki kemampuan, kecerdasan dan filter dalam menggunakan internet secara sehat," tutur Thamrin dalam sambutannya.

Menurutnya, ada dua target yang disasar dalam kegiatan ini, yakni siswa dibekali dengan penggunaan internet secara sehat dan positif serta menjadikan generasi muda Kota Ternate sebagai generasi yang mampu memanfaatkan internet sebagai medium untuk mencari informasi dan ilmu pengetahuan.

Pada kesempatan tersebut, Kadiskomsandi Kota Ternate juga menyatakan, sosialisasi ini merupakan program berkelanjutan yang nanti akan dijadwalkan setiap tahun, "ini merupakan yang pertama kita lakukan, memang harusnya kita datangi sekolah-sekolah, namun karena keterbatasan anggaran, maka kita laksanakan secara kolektif, tetapi pada masa-masa yang akan datang, kita akan datangi sekolah-sekolah untuk melaksanakan sosialisasi Internet Sehat," kata Thamrin.

Sementara itu, Supanji salah satu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SD Negeri 44 Kota Ternate, memberi apresiasi kepada Diskomsandi Kota Ternate yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan generasi muda di Ternate dalam memanfaatkan internet.

Kata dia, hal ini sangat penting dilakukan untuk memberi pemahaman kepada generasi muda di Kota Ternate yang menggunakan media sosial, "kami sangat bersyukur, memberi apresiasi kepada Diskomsandi Kota Ternate yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, sebab saat ini, hampir semua siswa baik SD maupun SMP menggunakan HP android," tukasnya.

Supanji berharap, kedepan Diskomsandi berkenaan untuk memberi sosialisasi ke sekolah-sekolah, agar seluruh siswa memahami tentang penggunaan Internet Sehat, "kedepan, kami berharap, Diskomsandi bisa turun ke sekolah-sekolah untuk memberi pemahaman tentang penggunaan internet sehat," harap Supanji seraya menyebut, pasca sosialisasi ini, dia bersama dua siswanya yang mengikuti kegiatan, akan menyosialisasikan penggunaan Internet Sehat di sekolahnya.(thy)


Reporter: Ibenk