Home / Pariwisata / Destinasi
13 Oktober 2018

Wali Kota Tetapkan Perairan Taman Nukila Sebagai Objek Wisata Taman Laut

Wali Kota Ternate bersama sejumlah club diving saat melakukan transpalansi terumbu karang

TERNATE,  OT - Rangkaian HUT TNI ke-73, Lanal Ternate bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) cabang Ternate, Sabtu (13/10/2018) melaksanakan kegiatan trasplantasi terumbu karang di perairan taman Nukila.

Kegiatan yang buka oleh Wali Kota Ternate itu, turut dihadiri Danlanal Ternate, Kapolres Ternate, Ketua Pengcab POSSI Kota Ternate, sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ternate serta sejumlah club diving yang ada di Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman, kepada sejumlah awak media termasuk indotimur.com mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, maka perairan di belakang taman Nukila ini, akan ditetapkan sebagai taman laut, selain ruang publik yang sudah ada.

Wali Kota atas nama pemerintah memberikan sport dan apresiasi kepada Danlanal Ternate dan POSSI yang sudah melakukan kegiatan trasplantasi terumbu karang, dengan merangkul semua club diving  yang ada. 

"Semoga kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, kedepan akan dibentuk satgas pemiliharaan taman laut sehingga bisa dapat menjadikan destinasi wisata terutama yang berkaitan dengan laut yang memiliki potensi yang luar biasa karena berada di tengah kota dan tidak jauh dari pesisir pantai yang dilihat jarang ada di tempat lain," katanya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Pemkot Ternate juga menyatakan, akan membuat larangan bagi kapal dan perahu di sekitar kawasan itu untuk membuang jangkar di lokasi yang sudah ditetapkan sebagai taman laut, karena bisa merusak terumbu karang.

"Satgas akan terus menjaga kebersihan pantai dan memelihara biota laut yang ada di perairan taman Nukila," ujar Wali Kota.

Sementara itu, Ketua Pengcab POSSI Kota Ternate, Ruslan Bian, menambahkan kegiatan tranplantasi trumbu karang yang dilakukan, merupakam kegiatan perdana dari POSSI cabang Ternate bersama Danlanal Ternate sebagai wujud konservasi lingkungan khususnya di laut.

Ruslan menjelaskan, modul transplantasi karang dilaksanajan dengan berbagai bentuk, "yang modul krucut, modul bulat, dan bentuk modul fret dengan jumlah keseluruhan sebanyak 8 modul dengan titik substrat kurang lebih sebanyak 300 substrat dengan pedaiving yang turun sebanyak 55 orang, termasuk Wali Kota bersama Danlanal," terangnya.

Ketua Pengcab POSSI yang juga Kadis Kelautan dan Perikanan, Ruslan Bian menyatakan, sejauh ini, belum ditentukan transpalansi karang yang besar, "Dari kegiatan ini, akan diupayakan sebisa mungkin menjadi agenda tahunan bersama Danlanal Ternate secara berkesenambungan. 

"Semoga dengan jangka waktu yang tidak begitu lama agar secepatnya terbentuk satgas laut karena yang menjadi persoalan yakni sampah, yang akan bisa menghambat pertumbuhan trumbu karang," tutupnya.(red)


Reporter: Randy Basri