Home / Pariwisata / Destinasi
15 Mei 2019

Taman Film Jadi Pilihan Utama Tempat Ngabuburit Masyarakat Kota Ternate

Taman Film Benteng Oranje Kota Ternate

TERNATE, OT- Salah satu aktivitas masyarakat di bulan ramadhan sambil menunggu waktu buka puasa yaitu ngabuburit. Bagi masyarakat Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), ada beberapa tempat yang menjadi pilihan masyarakat.

Masyarakat Kota Ternate memanfaatkan taman Film Benteng Oranje sebagai salah satu tempat untuk menghabiskan waktu jelang buka puasa bersama teman maupun keluarga. 

Tempat yang berada di pusat Kota Ternate itu, tepatnya di Kelurahan Gamalama kecamatan Ternate Tengah, dijadikan sebagai pilihan utama warga karena letaknya sangat strategis. Dimana, para pengunjung bisa mendapatkan menu buka puasa yang tak jauh dari taman Film.

Di bagian timur taman, terdapat pasar Gamalama yang merupakan pasar terbesar di Kota Ternate. Para pengunjung cukup berjalan kurang lebih 10 hingga 15 meter sudah mendapatkan berbagai macam takjil untuk buka puasa.

Selain itu, taman ini berbeda dengan taman lain yang berada di Kota Ternate karena dipasang rumput sintetis. Bahkan pengunjung juga bisa menonton film secara gratis yang diputar oleh petugas dari Dinas Perumahan rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Ternate.

Hal menarik lainnya, di bagian barat terdapat benteng oranje. Sebuah benteng yang merupakan peninggalan masa kolonial Belanda pertama yang ada di Nusantara, dibangun pada tahun 1607 oleh Gubernur Jendral Belanda Matelief De Jonge. Dan pernah menjadi pusat pemerintahan tertinggi Hindia Belanda, yang di pimpin oleh Gubernur Jendral VOC Pieter Both, Laurenz Real, Herarld Reyist dan J.C Coum.

Salah satu pengunjung Taman Film, Nuryani Majid saat ditemui indotimur.com mengatakan,  dirinya merasa nyaman saat melakukan ngabuburit ditempat tersebut, karena selain ramai, tempat ini juga ditata sangat bagus untuk santa, diskusi maupun akivitas lain.

Dirinya mengaku, setiap teman-temannya mengajak untuk  buka puasa bersama, dia selalu memilih taman film sebagai lokasi ngabuburit karena tempatnya luas, bagus dan nyaman. "Bagi saya, ini tempat sangat bagus. Sebab, yang datang ke tempat ini bukan hanya masyarakat umum, tapi ada juga mahasiswa, pelajar, anak-anak bahkan ada anak-anak komunitas lain,” ujarnya.

“Tempat ini sejak sore sudah ramai, dan sampai jam 12 malam. Bahan sebagian pengunjung hingga waktu sahur tiba," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Alfian, salah satu pengunjung  taman film. Dirinya merasa nyaman dengan tempat ini, karena tidak kalah bagus dengan taman lain yang ada di Kota Ternate. Bahkan, banyak teman-teman yang jadikan taman ini sebagai tempat buka puasa bersama.

"Semoga tempat seperti ini bisa diperbaharui lagi agar lebih bagus sehingga pengunjung tidak bosan  untuk berkunjung," harapannya.

(MG_02)


Reporter: Munawir Suhardi