Home / Pariwisata / Destinasi
23 Januari 2019

Rp, 3 Milyar, Dispar Fokus Bangun Fasilitas Pariwisata Di Ternate

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly

TERNATE,  OT  - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate tahun ini fokus pada pembangunan sektor pariwisata, dengan mendorong ekonomi masyarakat di sekitar kawasan wisata yang ada di Kota Ternate,

Pasalnya pengembangan wisata di Ternate, mendapat kucuran anggaran sebanyak Rp 3 miliyar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Samin Marsaoly mengatakan, di tahun ini, pihaknya fokus pada membangun fasilitas pariwisata yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus  (DAK) yang dikelola oleh masyarakat dibawah koordinaai dan pengawasan pemerintah daerah.

"Yang akan dilengkapi fasilitasnya yaitu, Batu Angus, Sulamadaha, dan Danau Tolire, karena masih banyak yang harus ditata sesuai dengan konsep membangun,"ungkap Samin. 

Kata dia, anggaran untuk memoles dan membangun fasilitas di spot-spot wisata, bukan hanya bersumber dari DAK, tetapi ada juga sumber anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang diproritaskan di luar dari program pemerintah daerah, "supaya anggaran tersebut langsung dikelola oleh masyarakat dan swasta, untuk membangun fasilitas yang masih kurang," ungkapnya. 

Alumni STPDN angkatan 08 itu menambahkan, tahun ini dibuat strategi pengawasan berbasis partisipasi. "Dan pemerintah hanya bisa mendorong, karena semuanya dikelola oleh masyarakat, maka dibutuhkan pelatihan khusus bagi masyarakat yang nanti akan mengelola objek wisata yang bakal dijaga setiap harinya," tambah Samin.

Selain di Batu Angus, Tolire dan Sulamadaha, objek wisata Gora Bala di Hiri, juga akan dilengkapi dengan gazebo dan MCK, sehingga wisatawan atau pengunjung yang datang merasa nyaman dengan fasilitas yang disediakan.

Dikatakan, wisata yang didorong oleh masyarakat ini, bukan saja memaksimalkan PAD tetapi juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat lokal. "Dari pertumbuhan ekonomi inilah maka akan menimbulkan kearifan lokal dan pengembangan ekonomi masyarakat," harapnya.

Samin juga memberi apresiasi dan penghargaan atas kepedulian pihak perbankan di Ternate yang ikut mendorong dunia pariwisata di Kota Ternate dengan mengucurkan dana CSR untuk memfasilitasi sarana prasarana pariwisata di Ternate.

"Bank Rakyat Indonesia sekarang ini sangat mendukung parawisata yang ada, buktinya wisata Sulamadaha dapat kucuran anggaran CSR dari BRI untuk memfasilitasi infrastruktur yang ada, berarti pengunjung yang datang, tidak merasa bosan dengan fasilitas yang ada, sebab sudah dilengkapi, melalui dana CSR dari perbankan" tutup Samin. (red)


Reporter: Randy Basri