Home / Pariwisata / Destinasi
11 Juni 2019

Libur Lebaran, Retribusi Pulau Dodola Meningkat

DARUBA, OT – Libur Hari raya Idulfitri 1440 hijriah/tahun 2019 masehi, masyarakat Kabupaten Pulau Morotai, Halmahera Utara (Halut) dan Kota Ternate, provinsi Maluku Utara (Malut), lebih banyak melakukan rekreasi ke objek wisata Pulau Dodola.

Meninggkatnya kunjungan wisata membuat retribusi masuk ke destinasi yang dijuluki mutiara di bibir pasifik  itu meningkat dari hari-hari libur lainnya. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Pulau Morotai, peningkatan pengunjung terjadi di tiga hari, yakni Jumat hingga Minggu 16 Juni 2019.

“Hanya 3 (tiga) hari pulau Dodola dipadati warga, dan retribusi yang diperoleh sekitar Rp 20 juta lebih,” jelas Kepala Bidang Destinasi dan Industri Dispar Pulau Morotai, Saban Lanoni, Rabu (12/06/2019).

Kata dia, banyak tempat wisata di Pulau Morotai tapi untuk libur lebaran tahun ini, warga lebih banyak memilih Pulau Dodola. “Di tempat wisata lain juga ada pengunjungnya, tapi tidak sama dengan pulau Dodola,” ucapnya.

Menurutnya, warga memillih Pulau Dodola karena destinasi wisata tersebut lebih menarik dan telah memiliki nama besar. Bahkan transportasi menuju ke Pulau Dodola dari ibukota pulau Morotai cukup murah dan tidak memakan waktu lama.(hiz)


Reporter: Hizbullah Ode