Home / Pariwisata / Destinasi
27 September 2018

Kota Ternate Terus Dikunjungi Wisatawan Mancanegara

Suasana penyambutan para wisatawan di Kedaton Kesultanan Ternate (foto: Dispar Kota Ternate)

TERNATE, OT – Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), terus dikunjungi wisatawan mancanegara. Rabu (26/9/2018) kemarin, Sebuah kapal pesiar MS Coral Discoverer  yang membawa 67 wisatawan mancanegara berlabuh di depan pelabuhan Risiden.

Sebanyak 67 wisatawan tersebut berasal dari Australia, Selandia Baru, Italia, Amerika Serikat dan Belanda.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly pada indotimur.com menyampaikan, kedatangan kapal pesiar MS Coral Discover yang membawa 67 wisatawan dari sejumlah Negara itu mengunjungi lima destinasi wisata di Kota Ternate.

Kelima destinasi itu, kata Samin, Benteng Toloko, Kedaton Kesultanan Ternate, Rumah Alferd Wallace, Cengkeh Afo dan Pasar Higenis. “Kunjungan mereka di Kedaton Kesultanan Ternate disambut dengan adat dan dialog tentang sejarah Kesultanan Ternate,” tutur Samin.

Samin mengaku, dalam dialog itu para wisatawan tertarik dengan sejarah Kesultanan Ternate, sehingga mereka berharap sewaktu-waktu akan kembali mengunjungi Kota Ternate.

“Setelah mengunjungi lima destinasi di Kota Ternate, kapal pesiar yang berbendera Australia itu, mengunjungi Pulau Hiri dan selanjutnya hari ini ke Tobelo Halmahera Utara (Halut) untuk melanjutkan perjalanan,” terangnya.

Kunjungan wisatawan mancanegara, lanjut Samin, bukan hanya Rabu kemarin tapi aka nada kunjungan wisatawan lebih banyak lagi pada awal Oktober. “Pada 6 Oktober nanti ada 200 lebih wisatawan mancanegara yang akan mengunjungi Kota Ternate,”
 ujar Samin.

Ratusan wisatawan itu berasal dari Amerika, Australia, belanda serta Negara lain di Eropa dengan menggunakan kapal pesiar MS Coral Discoverer   berukuran besar. “Kota Ternate setiap saat dikunjungi wisatawan asing,” terangnya.

“Tour and Travel Papua Signature dalam setahun mendatangkan wisatawan mancanegara 4 kali di Kota Ternate, belum juga yang lain,” tutur mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate ini.

 (red)


Reporter: Fauzan Azzam