Home / Pariwisata / Destinasi
15 Oktober 2018

Dispar Bakal Kerjasama Dengan Desa Untuk Kembangkan Wisata

Hardi Musa

MABA,OT- Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Pariwisata merencanakan pengembangan Wisata Desa.

Kepala Dinas Pariwisata Haltim, Hardi Musa mengatakan, desa di Kabupaten Halmahera Timur memiliki potensi wisata yang memiliki daya tarik untuk dikembangkan.

"Di haltim ini rata rata memiliki potensi desa yang bagus untuk dikembangkan," kata Hardi, di ruang kerjanya, Senin (15/10/2018).

Dikatakan, untuk pengembangan wisata desa yang memiliki potensi wisata, di Haltim terdapat 7 Desa yang akan dikembangkan potensi wisata. "Ada 7 Desa yang akan kita kembagkan wisatanya," kata Hardi.

Lanjut dia, terkait anggaran pengembangan potensi wisata desa sudah jelas ditegaskan dalam peraturan Kementrian Desa tentang penggunanaan anggaran 5 sampai 10 persen DD dialokasikan untuk wisata Desa. "Jadi bagi desa yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan agar jangan segan segan untuk gunakan DD tersebut," ujarnya.

Kata dia, penggunanan anggaran itu kemudian dikordinasikan dengan Dinas Pariwisata untuk dilakukan kerja sama antara Dinas dengan Desa terkait pengembangan wisata.

"Jadi kita siapkan paket paketnya dan juga dilanjutkan dengan promosi wisata desa," katanya.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar