Home / Pariwisata / Destinasi
15 Juli 2018

Burung Bidadari Jadi Logo Branding Pariwisata Kabupaten Halbar

JAILOLO , OT - Komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) dalam pengembangan pariwisata terus di genjot.

Bupati Halbar, Danny Missy, Minggu (15/7/2018) mengatakan, logo branding pariwisata yang didesain Dinas Pariwisata Halbar tersebut, telah menggambarkan seluruh unsur potensi Halmahera Barat, baik di darat maupun laut.  

Logo branding yang mengambil simbol Burung Bidadari, lanjut Danny,  menggambarkan semua unsur potensi yang ada di Halmahera Barat, baik potensi Alam dan Budaya serta Flora Fauna yang sudah menjadi identitas dari kabupaten Halmahera Barat.

"Burung ini adalah satwa endemik Halmahera, jadi patut untuk dijadikan branding," singkat Danny. 

Abstraksi dari logo ini urai Danny, selain burung bidadari, terdapat atap dari Rumah Adat Sasadu yang mangandung makna, rakyat Halbar  menjunjung tinggi adat istiadat di daerah ini.  

Bagian tengah logo, terdapat buah dan biji pala yang mengambarkan kekayaan rempah sebagai lambang kejayaan dan kemakmuran  Halmahera Barat. 

Selain logo, Dinas Pariwisata Halbar juga membuat tagline pariwisata.  "Logo Branding dan Tagline ini telah diperkenalkan pada perayaan malam puncak satu dekade Festival Teluk Jailolo 4 Mei 2018 lalu," ujarnya.

Namun secara resmi Pemkab Halbar akan menyampaikan ke Kementerian Pariwisata RI untuk ditetapkan sebagai logo branding dan tagline resmi kabupaten Halbar. 

Untuk mensosialisasikan logo branding pariwisata Halbar,  Sekretaris Daerah Syahril Abd. Radjak, saat apel PNS di Kantor Bupati,  beberapa waktu lalu, menginstruksikan kepada seluruh ASN untuk menggunakan logo branding dan tagline ini sebagai atribut pakaian dinas harian (hitam-putih) hari rabu guna mensosialisasikan Branding dan Tagline tersebut.

Pemkab Halmahera Barat berharap, dengan ditetapkan logo Branding dan tagline ini, arah kebijakan dan sasaran pasar pariwisata Halbar kedepan lebih diminati wisatawan.(red)


Reporter: Eliyas Mahruf