Home / Berita / Citizen Journalist

TP-PKK Kota Ternate Peringati Tahun Emas HKG-PKK

10 Mei 2022
Foto bersama TP PKK Kota Ternate pada peringatan HKG PKK ke-50 tingkat Kota Ternate, di Aula Melati Rumah Jabatan Wali Kota Ternate (foto_ko_edo)

TERNATE, OT - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Ternate menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-50 tingkat Kota Ternate yang dipusatkan di aula Melati Rumah Jabatan Wali Kota Ternate, (10/5/2022).

Peringatan HKG-PKK yang mengusung tema sentral "Lima Puluh Tahun Gerakan PKK Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama" itu turut dihadiri oleh Wali Kota Ternate beserta jajaran pimpinan OPD, para Camat dan Lurah, Pengurus TP PKK Kota Ternate, Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Ternate, serta Pengurus PKK tingkat Kecamatan dan Kelurahan se kota Ternate.

Ketua TP PKK Kota Ternate, Marliza M Tauhid dalam sambutannya menyampaikan harapan agar seluruh kader PKK benar-benar mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya dalam gerakan PKK untuk turut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat demi mencapai kemajuan Bangsa dan Negara.

"Lima puluh tahun gerakan PKK berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama. Tema ini harus selalu melekat dalam hati sanubari kita semua sebagai keluarga besar gerakan PKK" tutur Marliza.

Menurutnya, sudah banyak hal yang dilakukan oleh TP PKK sepanjang lima puluh tahun perjalanan PKK. Istri Wali Kota Ternate ini mengatakan, gerakan PKK harus bergerak dinamis mengikuti perkembangan. 

"Saya senantiasa mendorong agar ada nuansa pembaharuan dalam gerakan PKK. Jangan monoton dan harus ada keselarasan gerak dengan kebijakan pemerintah," ujar Marliza.

Sementara Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman mengatakan, peran PKK selama ini tidak bisa dianggap sepeleh. Karena dengan kerja keras, kekompakan dan keberanian, para kader PKK telah mampu memberikan manfaat yang luar biasa. 

"Semua itu sudah dilakukan oleh kader PKK kita, baik yang ada di Kota, Kecamatan, dan juga Kelurahan. Semoga peringatan ini tidak sekedar menciptakan kemeriahan sesaat, tetapi lebih menguatkan komitmen kita bagi kemajuan Kota Ternate Andalan. Ternate Mandiri dan Berkeadilan" tandas Tauhid.

Untuk diketahui, peringatan HKG tingkat Kota Ternate kali ini juga dirangkaikan dengan pengumuman pemenang lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Kota Ternate tahun 2022.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan, Kelurahan Tubo keluar sebagai pemenang juara 1 dari Kecamatan Ternate Utara. Kemudian Kelurahan Togafo dari Kecamatan Ternate Barat sebagai juara 2, dan Kelurahan Ubo-Ubo dari Kecamatan Ternate Selatan sebagai juara 3.

.

Ketua panitia lomba, Nurjana Jusuf Sunya menyampaikan, selain lomba 10 program Pokok PKK, Peringatan HKG Tingkat Kota Ternate ini juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, yaitu pelantikan pengurus TP PKK tingkat Kecamatan Se-Kota Ternate dan kegiatan PKK berbagi yang dirangkaikan dengan kegiatan Safari Ramadahan 1443 Hijriyah. 

Acara ini diakhiri dengan penyerahan bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita gizi kurang untuk pencegahan stunting di Kota Ternate.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan halalbihalal Wali Kota bersama seluruh Kader PKK Kota Ternate.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT