Home / Berita / Citizen Journalist

Sultan Tidore Kukuhkan Habib Abu Bakar Sebagai Mufti Besar Kesultanan Moloku Kie Raha

05 Mei 2022
Kunjungan silaturahmi Habib Abu Bakar di Kadaton Kesultanan Tidore

TIDORE, OT- Sultan Tidore Husain Sjah mengukuhkan Habib Abu Bakar Hasan Alatas Azabidi sebagai Mufti Besar Kesultanan Moloku Kie Raha.

Hal ini disampaikan Sultan Tidore Husain Sjah dihadapan seluruh masyarakat adat yang hadir di Kadaton Kesultanan Tidore pada kunjungan silaturahmi Habib Abu Bakar Hasan Alatas Azabidi bersama rombongan, pada Kamis (5/5/2022). 

Sultan Tidore meminta kepada seluruh imam di Masjid Kesultanan Tidore agar segala sesuatu yang kurang dipahami, agar bisa meminta solusi kepada Habib selaku juriat yang bisa memberikan masukan, sebab sesuatu yang tidak diketahui harus diserahkan kepada ahlinya.

"Sehingga hari ini selaku Sultan Tidore mengukuhkan Habib Abu Bakar sebagai Mufti Besar Kesultanan Moloku Kie Raha," ucapnya.

Sebab Habib ini tidak bisa diukur dengan materi apapun, karena untuk membayar Habib tidak akan bisa, sebab Habib ini dalam sehari memberikan makan kepada ribuan orang. 

"Bagaimana kita dapat membayar Habib, karena itulah kita hanya bisa berdoa kepada Allah SWT agar Habib tetap sehat dan kuat untuk terus memberikan kebaikan kepada kita semua," pinta Husain Sjah.

.

Sementara, Habib Abu Bakar Hasan Alatas Azabidi mengatakan, tadi sudah dinyatakan oleh Sultan Tidore Husain Sjah bahwa dirinya dikukuhkan sebagai Mufti empat Kesultanan yang ada di Maluku Utara ini.

"Semoga saya bisa menjalankan Amanah yang diberikan Sultan Tidore Husain Sjah sebagai Mufti Besar empat Kesultanan yang ada di Maluku Utara," ungkap Habib 

Dirinya berharap, semoga amanah ini dapat dipikul dengan baik untuk memimpin empat Kesultanan yang ada di Maluku Utara untuk memberikan masukan, nasehat dan fatwa.

"Saya juga berharap agar seluruh fatwa, nasehat dan masukan bisa didengar oleh masyarakat yang ada di empat Kesultanan ini, semoga langkah ini dapat dibantu Allah SWT, para Rasul SAW, para Sholihin, para Sultan di Maluku Kie Raha," ucap Habib Abu Bakar. 

Hadir pada kunjungan silaturahmi ini, Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim, Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman, Sekda Kota Ternate dan tamu undangan lainnya.

 (uji)


Reporter: Fauji Husen
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT