20 Juni 2019

Soal Sampah, Pemerintah Kelurahan Kalumata Imbau Tokoh Masyarakat Tegas

Foto tempat sampah yang sering warga sekitar buang

TERNATE, OT – Minimnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya, Pemerintah Kelurahan Kalumata, kecamatan Ternate Tengah mengimbau kepada tokoh masyarakat agar tegas menindak warga yang membuang sampah bukan pada tempatnya.

Salah satunya, warga masih membuang sampah di jalan raya menuju eks kediaman wali kota. Sekertaris Lurah Kalumata Suaib Fabanyo pada Indotimur.com mengatakan, pihaknya sudah memberikan teguran buat warga yang sering membuang sampah di lokasi tersebut.

“Kami juga sudah konfirmasi mengenai sampah pada RT sekitarnya, bahkan kami sudah membuat larangan buang sampah tapi masih saja warga tidak peduli,” uacpnya.

Menurutnya, sampah yang menumpuk seperti penampungan sampah pada umumnya itu bukan hanya warga sekitar Kalumata yang membuang, tapi warga dari luar Kalumata juga datang dan menampung sampah di tempat tersebut, bahkan mereka dengan mobil  untuk membuang sampah. 

"Kami sudah berupaya agar dapat membuat satu bak sampah yang ada di areal tersebut, namun kami khawatir dengan adanya bak sampah ini karena jangan sampai ada yang sengaja merusak sebab jauh dari pemukiman warga," ujarnya

Dia berharap, tokoh masyaarakat harus tegas dan harus mengontrol warga yang membuang sampah di lokasi itu. “Saya juga mengimbau supaya ada  kesadaran bagi warga sekitar Kalumata yang sering membuang sampah di tempat tersebut harus dihentikan, sehingga dapat melestarikan buadaya kebersihan,” harapnya.(MG_03)


Reporter: Gunawan Ibrahim Radja