08 Agustus 2020

Pedagang Aksesoris Kemerdekaan RI Mulai Memenuhi Sudut Kota Ternate

Para pedagang mulai berjualan di beberapa titik ruas jalan di kota Ternate sambut perayaan HUT RI (Foto Nawir)

TERNATE, OT - Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020, sejumlah pedagang aksesoris kemerdekaan mulai memenuhi.sudut-sudut kota Ternate.

Selain bendera dan umbul-umbul, pedagang musiman aksesoris kemerdekaan juga menjajakan stiker, gantungan kunvi hingga masker dengan tema merah putih.

Amatan indotimur.com, pedagang musiman pernak pernik kemerdekaan itu tersebar pada sejumlah kawasan diantaranya, di sepanjang jalan Merdeka, jalan Yos Sudarso, jalan Jati Lurus, jalan Sultan Khairun serta di kawasan zona ekonomi terpadu, sepanjang jalur tapak hingga dekat kawasan Landmark.

Para pedagang yang mayoritas berasal dari luar Maluku Utara itu, menawarkan harga yang bervariasi sesuai ukuran dan jenis barang yang dijual.

Salah satu pedagang aksesoris kemerdekaan Joko saat ditemui indotimur.com mengatakan, harga barang yang dijual bervariasi tergantung jenis dan ukuran.

"Misalnya untuk aksesoris umbul-umbul dengan tinggi antara 3 hingga 4 dijual.dengan harga Rp, 60 hingga 70 ribu, kalau backgound dijual antara Rp, 250 hingga Rp, 200 ribu dengan ukuran 8 meter dengan gambar garuda atau yang polos," ujar Joko sembari menyebut untuk harga bendera merah putih besar Rp, 50 ribu.

Dia mengaku, meski hampir tiap tahun, berdagang aksesoris kemerdekaan, namun tetap.saja ada yang membeli, "sebagian besar pembeli bendera panjang jenis itu karyawan perkantoran dan toko, mereka membeli dengan jumlah antara 2 hingga 3 lembar ukuran panjang," tambahnya.

Meski demikian, dia mengaku belum banyak pembeli yang membeli aksesoris kemedekaan, "sebagian besar sudah terjual mulai dari umbul-umbul, bendera biasa hingga bendera kecil hiasan dalam mobil dan motor, alhamdulillah belum banyak, tapi sudah mencukupi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Usman salah satu pedagang di depan BI. Dia mengaku harga yang ditawarkan pedagang aksesoris kemerdekaan di Ternate, rata-rata sama, "bendera ukuran kecil biasanya pasang di kendaraan roda dua maupun roda empat harganya antara Rp 5000, hingga 15.000 sesuai ukurannya," terang Usman.

Usman juga mengaku, hingga saat ini belum banyak warga yang mencari aksesoris kemerdekaan RI. Dia menduga mungkin karena momen 17-an masih dua pekan lagi, sehingga belum banyak yang mencari.

"Sampai saat ini belum banyak yang terjual, mungkin momen 17 Agustus masih lama, jadi minat masyarakat untuk membeli belum terlihat, mungkin seminggu jelang perayaan baru banyak yang mencari,"; harapnya. (awie)


Reporter: Munawir Suhardi