Home / Berita / Citizen Journalist

Malam Pergantian Tahun Kelurahan Gamalama Gelar Dzikir dan Salat Tasbih

29 Desember 2020

TERNATE, OT - Menyambut malam pergantian tahun baru 2020-2021 sekaligus merayakan Hari Jadi Ternate ke-770, Pemerintah Kelurahan Gamalama bekerjasama dengan majelis ta'lim dan Remaja Masjid (Remas) Nurul Bahar Gamalama, berencana melaksanakan dzikir dan salat tasbih yang dipusatkan di masjid Nurul Bahar areal terminal Gamalama.

Ketua Remaja Masjid Nurul Bahar Gamalama, Ali Pangkey, mengatakan, untuk merayakan Hari Jadi Ternate (HJT) ke-770 sekaligus merayakan malam pergantian tahun, Remas dan Majelis Ta'lim Masjid Nurul Bahar bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Gamalama akan melaksanakan dzikir dan salat tasbih yang dipusatkan di masjid Nurul Bahar Gamalama.

Menurutnya, di masa pandemi covid-19, Remas bersama majelis ta'lim masjid Nurul Bahar meratakan HJT dan malam pergantian tahun dengan kegiatan positif, "tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Pada kegiatan yang rencananya dilaksanakan 0ada hari Kamis tanggal 31 Desember 2020, ba'da Isya itu, akan dipimpin oleh ustadz Hi Nur Abdurrahman dan ustadz Hi Iksan Yusup.

"Dzikir akan dipandu oleh ustad Hi. Nur Abdurahman Toloa sedangkan imam salat tasbih akan dipimpin oleh ustad Hi.Iksan Yusup," ungkap Ali.

Sementara itu, Ketua Majelis Ta'lim Fitria Wartabone, berharap, dengan kegiatan ini, Kota Ternate selalu aman, damai dan terhindar dari berbagai bencana pada tahun 2021. 

 Dia juga mengajak seluruh warga Ternate khususnya warga Gamalama untuk bersama-sama menghadiri dzikir dan salat tasbih yang dilaksanakan di masjid Nurul Bahar Gamalama.

"Mari, di malam pergantian tahun ini kita berdoa bersama, mengirimkan doa untuk bangsa dan negara lebih khusus Kota Ternate, agar terhindar dari marabahaya," ajak Fitria seraya mengundang secara terbuka untuk bersama-sama mengikuti dzikir dan salat tasbih di masjid Nurul Bahar.

Secara terpisah, Lurah Gamalama, M Ichsan mengimbau warga Gamalama untuk tidak merayakan malam tahun baru dengan pesta yang berlebihan.

Dia berharap, tidak ada pesta kembang api di malam pergantian tahun, sebab saat ini, Indonesia masih dilanda wabah covid-19.

"Malam tahun baru nanti, kita hindari hal-hal yang merugikan, perayaan malam tahun baru bukan untuk pesta-pesta berlebihan. Terus hindari juga persoalan hukum, jangan jadikan awal tahun sebagai awal yang buruk. Jadikan awal tahun adalah hal yang baikkan bagi kita,'' ujar Ichsan, Selasa (29/12/2020) di kantornya.

Dia memastikan, peringatan HJT sekaligus perayaan tahun baru yang dilaksanakan di masjid Nurul Bahar Gamalama, tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Pihak pelaksana telah mengatur jarak aman untuk jamaah, mewajibkan jamaah menggunakan masker serta menyediakan tempat cuci tangan di sekitar lokasi kegiatan," pungkasnya. (thy)


Reporter: Ibenk