Home / Berita / Citizen Journalist

Lolos Program Beasiswa KL YES, Siswa SMAN 8 Halsel Sekolah ke Amerika

11 Januari 2023
Mutiara Andini Suparman

HALSEL, OT - Malam itu, jarum jam menunjukan pukul 21.13 WIT. Wartawan indotimur.com menyambangi kediaman Mutiara Andini Suparman, siswa kelas XI SMA Negeri 8 Halsel yang diumumkan lolos program beasiswa Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES) Program 2023-2024.

Program beasiswa yang merupakan beasiswa penuh dari US State Department melalui penyelenggara program, yakni American Councils di Jakarta.

Andini yang berasal dari Desa Babang Kecamatan Bacan Timur ini tumbuh di keluarga Makassar-Bugis yang meniti usaha di Halmahera Selatan.

Anak ketiga dari Hi.Suparman dan Hj. Wahyuni, yang lahir pada tanggal 12 Desember 2006 tersebut akan tinggal di Amerika bersama keluarga angkatnya.

Dia akan tinggal selama 10 bulan dan sekolah di SMA Oakland Mills High School, Kilimanjaro Rd, Columbia,bersama 80 orang delegasi Indonesia lainnya yang disebar ke negara-negara bagian di Amerika.

Di sana Andini akan membaur layaknya warga Amerika dan akan mengembangkan bakatnya sebagai seorang siswa yang petensial dalam menjalani programnya.

Andini mengaku akan menggunakan kesempatan emas ini untuk belajar banyak selama di Amerika nanti. Ia juga ingin mempraktikkan kemampuan bahasa Inggrisnya yang begitu fasih selama menempuh studi selama hampir 2 tahun di SMA Negeri 8 Halsel. Berasal dari keluarga yang multikultural, Andini ingin menunjukkan bahwa toleransi dan keberagaman adalah wujud yang sesungguhnya dari Indonesia.

“Saya akan gunakan kesempatan ini sebaik mungkin, Pak. Inspirasi ini datang dari orang dekat saya baik orang tua dan guru itu sendiri. Meski mungkin impact saya kecil di Amerika nanti, saya mau tunjukkan warna toleransi Indonesia” ujar Andini saat ditemui di Kediamannya, Rabu,(11/01/23).

Namun hingga saat ini dirinya belum mengetahui Kepastian keberangkatan ke Amerika karena nantinya ditentukan oleh American Councils setelah ia lolos seleksi dan memenuhi seluruh berkas administrasi seperti confirmend placement, visa, dan tentunya bukti pemeriksaan kesehatan dan imunasi lengkap sebelum terbang ke Amerika.

"Jadwal keberangkatan akan diumumkan kembali lewat email kami," katanya.

Andini bersyukur karena dirinya merupakan satu-satunya siswa di Maluku Utara yang lolos mendapatkan beasiswa tersebut untuk meniti studi di Amerika.

"Syukur sudah tentu ada dalam hati, bahkan rasa sukur ini diberikan sepenuhnya kepada keluarga dan guru serta sahabat dan teman-teman itu sendiri," ujarnya.

Dia juga berharap dengan adanya program ini bisa memberikan motifasi bagi adik-adik yang memiliki keinginan yang sama dalam mengajukan program beasiswa tersebut.

"Mungkin ini pengantar awal, saya berharap kedepannya lebih baik lagi jika ada yang akan ikut serta dalam program ini,"sebutnya.

Andini menceritakan, prosesnya dimana Setelah mempertimbangkan semua hasil Seleksi Tingkat Chapter yang di terima dan hasil Seleksi Tingkat Nasional, Yayasan Bina Antarbudaya selaku pengelola dan penanggung jawab program Kennedy Lugar Youth Exchange & Study (KL-YES) di Indonesia memutuskan bahwa saya TERPILIH sebagai calon penerima beasiswa penuh program KL-YES 2023-2024. 

Selanjutnya, sebagai calon peserta dari Indonesia berkasnya akan dikirimkan ke American Coundils di Amerika Serikat dan diseleksi di Tingkat Internasional untuk penentuan status finalis dan cadangan. 

Untuk, Kepastian keikutsertaan dan keberangkatan ditentukan oleh regulasi dan kebijakan dari pihak pemberi beasiswa yaitu kelenskasan dan kebenaran berkas aslikasi dan berkas kesehatan Form M dan Health Form Addendum ketersediaan.

"Sekolah menerima di Amerika Serikat proses perolehan visa Amerika Serikat serta protokol penanganan Covid-19 dari Indonesia dan Amerika Serikat,"ujarnya.

Ia mengaku, Seluruh finalis masih harus melalui review aplikasi dan berkas kesehatan yang dilakukan oleh tim dari American Councils, sehingga tidak semua kandidat akan bisa mengikuti program. 

"Keputusan mengenai kelulusan dan keikutsertaan Adik ditentukan sepenuhnya oleh pihak pemberi beasiswa Program KL-YES, yaitu US Department of State,"katanya.

Kata dia, Keputusan tersebut bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. olehnya itu setiap informasi akan diterima pemberitahuan lebih lanjut, setelah ada kepastian keikutsertaan dan keberangkatan. 

"Untuk proses selanjutnya mereka meminta saya segera melengkapi aplikasi online KL-YES serta semua berkas pendukung yang dibutuhkan. Apabila ada pertanyaan yang berkenaan dengan program KL-YES 2023-2024 kami diminta  menghubungi chapter atau kantor nasional ([email protected]) pada hari dan jam kerja,"ujarnya.

Pada kesempatan ini kata Andini,  ingin menjelaskan bahwa masih ada tahapan yang harus dilalui. dimana seluruh berkas kandidat akan diajukan ke AFS USA, dan kembali akan dilaksanakan seleksi di tingkat internasional berdasarkan berkas yang dikirimkan untuk penentuan status finalis dan cadangan.

 (iel)


Reporter: Sahril Samad
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT