Home / Berita / Citizen Journalist

Loka Monitor Ternate Gelar Sosialisasi ISR ke Nelayan

24 September 2020
foto bersama para nelayan

TERNATE, OT - Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Ternate menyelenggarakan sosialisasi mengenai Perizinan Izin Stasiun Radio (ISR) Maritim On The Spot (MOTS) yang diikuti para pemilik kapal atau nelayan di Maluku Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ternate itu, turut dihadiri Kepala PPN Ternate, Kamaruddin, Petugas Pelayanan Kebutuhan Operasional Kapal, Irwan Limatahu, Sekretaris Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Maluku Utara, M Zahid, petugas radio  Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Ikon Wimanusa dan Kepala Stasiun  Pantai Kartika Dwi Sila.

Kepala Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Ternate. Joenaedy Jafar saat diwawancarai indotimur.com mengatakan, sosialisasi Izin Stasiun Radio kapal ini bertujuan memberikan  keselamatan terhadap pelayaran rakyat.

Selain itu,  penggunaaan perangkat rakyat sesuai peruntukkannya dan juga radio yang digunakan adalah perangkat yang tersertifikasi dan jenis radio maritim.

"Kita tidak mau adanya  gangguan frekuensi-frekuensi lain seperti penerbangan dan radio yang lain, jadi semua digunakan untuk kepentingan keselamatan pelayaran dan keselamatan frekuensi-frekuensi lain," ujar Joenaedi.

Dia berharap, para nelayan maupun oprator dan pemgelola kapal dapat menggunakan perangkat sesuai peruntukannya dan dan menggunakan ISR sesuai dengan lokasi yang sudah ditetapkan.

"Bahwa nelayan bukan tidak mau melakukan pengurusan perizinan dan penggunaan frekuensi radio  tetapi nelayan belum tahu pengurusan dan penggunaan frekuensi yang benar untuk keselamatan mereka itu mempunyai efek yang sangat positif untuk pelayaran mereka sendiri" tutupnya. (tika)


Reporter: Sartika M. Bodja