Home / Berita / Citizen Journalist

Kelompok Distabilitas di Ternate Dapat Bantuan Dari Wahana Visi Indonesia

19 Februari 2021
Penjahit Disabilitas di Kota Ternate saat menerima bantuan

TERNATE, OT - Wahana Visi Indonesia (WVI) berkomitmen mendukung pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut), dalam membantu kelompok UKM/UMKM dalam masa pandemi covid-19.

Bentuk dukungan terhadap usaha kecil ini dibuktikan WVI saat menyalurkan bantuan berupa bahan kain kepada penjahit disabilitas di Kota Ternate.

Area Program Manager WVI  Ternate, Charles Frans, mengatakan, pemberian bantuan kain untuk penjahit disabilitas telah dilaksanakan di kantor Ikatan Keluarga Disabilitas (IKD) di Kelurahan Kalumpang, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

"Tujuan penyerahan bantuan kain jahit disabilitas ini bagian dari mengatasi dampak covid-19," kata Charles kepada indotimur.com Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, penyaluran bantuan kain jahit disablitas merupakan kerjasama antara World Vision Canada dan Lululemon Athletica, salah satu perusahan pakaian olahraga di Canada yang memiliki kepedulian terhadap kelompok disabilitas.

"Penyerahan bantuan tersebut didampingi WVI di Provinsi Maluku Utara (Malut). Penyaluran bantuan kain jahit disabilitas selain di Kota Ternate, juga distribusi ke Kabupaten Halmahera Timur sebagai bentuk dukungan kepada kelompok UMKM- IKM,"ujarnya

Dia menuturkan, WVI sangat berempati dengan kelompok UMKM-IKM di Kota Ternate yang mendapatkan penurunan pendapatan ekonomi akibat dampak covid-19, "olehnya itu, kami tetap berusaha mencari solusi agar membantu pelaku UMKM-IKM," tukasnya.

"Agar pendapatan ekonomi mereka dapat pulih kembali, melalui mitra kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dan stakholder lainya," sambung Charles.

Lanjutnya, bantuan bahan kain dengan panjang 300 meter ini diharapkan dapat membantu para penjahit disabilitas di Kota Ternate untuk meningkatkan pendapatan, "sehingga membantu menopang ekonomi keluarga di masa sulit seperti ini," jelasnya

Dia mengucapan terima kasih kepada World Vision Canada dan Lululemon Athletica Canada melalui PT.Indo Taichen Tangerang yang ikut membantu medistribusikan bahan kain di Malut.

"Mudah-mudahan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik serta memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat di Provinsi Maluku Utara (Malut)," harapanya

Terpisah, pengurus IKD Kota Ternate, Nurjannah, menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada IKD Kota Ternate.

"Kami mengapresiasi perhatian dan bantuan  yang diberikan Lululemon Athletica melalui WVI Ternate," ungkapnya

Dia memastikan, bantuan kain jahit ini akan dikelola oleh penjahit disabilitas menjadi baju mandi, untuk selanjutnya akan ditawarkan ke penginapan losmen dan hotel di Kota Ternate 

"Selain itu, kami akan membuat handuk dan memberikan kepada orang yang membutuhkan," jelasnya

Nurjannah berharap Pemerintah tetap memperhatikan tingkat kesejahtran kelompok disabilitas tanpa membedakan dengan kelompok lainya, "serta membantu untuk menghandirkan kelompok disabilitas di Kota Ternate," harapanya.

 (ded)


Reporter: Dedi Sero Sero
Editor: Ibenk