11 September 2019

HUT Ke-74, RRI Luncurkan Program Mitigasi Bencana ‘Kentongan

TERNATE, OT - Lembaga Penyaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di seluruh Indonesia termasuk LPP RRI Ternate, Rabu (11/9/2019) melaksanakan upacara dalam rangka Hari Bakti Radio ke-74 tahun 2019. 

Upacara yang dipusatkan di halaman kantor RRI Ternate itu, diikuti seluruh angkasawan/angkasawati dan Dharmawanita dengan inspektur upacara Kepala Satasiun (Kepsta) RRI Ternate, Ikman Posumah.

Direktur Utama LPP RRI, M.Rohanudin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepsta RRI Ternate, Ikman Posumah, mengemukakan, upacara bendera secara serentak di seluruh stasiun RRI di tanah air menjadi momen penting untuk mengingatkan kembali tekad yang terkandung di dalam TRI PRASETYA RRI sekaligus membuktikan keberpihakan RRI kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebagai salah satu alat ketahanan nasional di bidang informasi.

Menurutnya, tema peringatan 74 tahun radio republik Indonesia ‘untuk Indonesia lebih bertoleransi’, menjadi pesan moral dan penyemangat angkasawan/angkasawati RRI untuk berdedikasih dan terus meneguhkan semangat kebersamaan serta pengabdian demi kemajuan bangsa.

Karena semangat ini lanjut Dirut, harus dimaknai pencerminan pelayanan informasi dan hiburan kepada masyarakat di seluruh wilayah NKRI melalui berbagai program siaran yang tidak saja menyajikan Informasi fakta-fakta di lapangan, akan tetapi juga harus mampu berperan sebagai media literasi yang mengedukasi masyarakat. 

Dirut menambahkan, sejalan dengan visi RRI ‘terwujudnya RRI sebagai LPP yang terpercaya dan mendunia’ maka Dewan Pengawas (Dewas) dan jajaran Direksi terus berupaya meningkatkan performa dan reputasi RRI.

Pada usia ke-74 program-program Strategis yang dilakukan RRI diantaranya, RRI kembali dipercaya sebagai tuan rumah Penyelenggaraan Radio Asia Conference (RAC), Radio Song Festival (RSF) dan media 2020 serta melakukan refresh pro-1  dan re-design pro 4.

Pada 2019, RRI juga telah mendesign program terintegrasi dengan program siaran mitigasi bencana ‘Kentongan’ sebagai program khusus RRI meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim sejalan dengan program prioritas nasional.

Selain itu, RRI melakukan pengembangan program berbasis multiplatform dalam satu aplikasi rriplaygo guna memudahkan masyarakat mendengarkan dan menonton siaran RRI. 

’’Mengoptimalkan pelaksanaan reformasi birokrasi dan membangun budaya kerja yang bersih dari KKN, akuntabel dan berkinerja serta melayani keempat, meningkatkan PNBP,’’ tegasnya.

Selain melaksanakan upacara hari radio ke-74 tahun 2019, LPP RRI diseluruh Indonesia juga melangsungkan penyulutan obor TRI Pra Setya serentak yang dipandu langsung dari kantor Pusat LPP RRI, Jl Merdeka Barat 4 dan 5 Jakarta.(thy)


Reporter: Ibenk