Home / Berita / Citizen Journalist

BMKG Ternate Gelar Sekolah Meteorologi Penerbangan

08 September 2021
Suasana jalanya kegiatan di ballroom hotel Muara Group Ternate

TERNATE, OT - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Sultan Babullah Ternate Maluku Utara melaksanakan kegiatan sekolah meteorologi penerbangan untuk keselamatan penerbangan tahun 2021 bagi sejumlah maskapai yang ada di kota Ternate.

Ketua panitia pelaksana kegiatan sekolah meteorologi penerbangan BMKG Ternate, Zaky Alin Nuary mengatakan,kegiatan yang dilaksanakan oleh stasiun BMKG kelas II Sultan Babullah Ternate, ini bertujuan agar bisa memberikan pemahaman dan pelatihan kepada sejumlah maskapai bagaimana mengetahui keselamatan penerbangan.

Kata dia, maskapai penerbangan yang mengikuti kegiatan ini diantaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink grup dan CCAR dan sebagainya. Selain maskapai ada juga petugas dari unit UPBU Bandar Udara kota Ternate, Air NAV, Dishub Provinsi dan Dishub kota Ternate.

"Mereka ini yang akan kami berikan materi sekolah meteorologi penerbangan agar mereka bisa mengetahui keselamatan penerbangan pada saat implementasi di lapangan," ungkap Zaky Rabu (8/9/2021).

Dia mengaku, dengan adanya kegiatan ini karena Provinsi Maluku Utara adalah wilayah kepulauan dan memiliki Bandar Udara yang belum memiliki awak atau hanya dipasang alatnya namun SDM belum secara normal terus dipantau.

Olehnya itu dengan adanya sekolah meteorologi penerbangan ini diharapkan kepada peserta yang sudah mengikuti bisa memberikan pelayanan informasi di meteorologi di bidang penerbangan.

"Lending pesawat dan teke off yang bergantung meteorologi seperti tekanan udara, angin dan suhu, karena itu sangat penting untuk pesawat," ujar Zaky.

"Pada prinsipnya kegiatan yang kita lakukan ini merupakan sasaran pada keselamatan penerbangan pesawat," pungkasnya.

 (ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT