04 Juli 2019

Basarnas Ternate Sosialisasikan Sistem Deteksi Dini

TERNATE, OT - Dalam upaya untuk terus memberikan perhatian khusus kepada kecelakaan pelayaran udara maupun lainya, berbagai upaya dilakukan untuk melakukan penyelamatan, salah satunya dengan cara Deteksi dini/Sinyal marabahaya.

Atas hal tersebut diatas, Basarnas terus melakukan sosialisasi kepada seluruh potensi bidang pelayaran guna memberikan pandangan baru mengenai pentingnya penggunaan EPIRB, ELT DAN PLB.

EPIRB merupakan salah satu kelengkapan wajib yang harus dimiliki kapal agar Basarnas mudah mendeteksi jika terjadi marabahaya dan bisa segera memberikan pertolongan. Dengan adanya EPIRB dalam waktu kurang dari 2-3 menit setelah mendapat sinyal, pihak Basarnas sudah bisa mendeteksi titik koordinat kapal tersebut. EPIRB : Emergency Position Indicator, Radio Beacon yang digunakan oleh sektor pelayaran.

Emergency Locator Trasmitter (ELT) adalah alat pemancar yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya yang harus terinstal terlebih dahulu pada pesawat sebelum pesawat tersebut didaftarkan dan di ijinkan untuk beroperasi. .ELT : Emergency Locator Trasmitter, digunakan oleh sektor penerbangan.

Sedangkan PLB atau Personal Locator Beacon, merupakan salah satu bagian dari radio Beacon pada sistem Cospas - Sarsat yang digunakan selain pada sektor penerbangan dan pelayaran. PLB : Digunakan oleh sektor perorangan.

Terkait hal tersebut, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan melalui Basarnas Ternate melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk penempatan Banner Sistem Deteksi Dini diantaranya seperti di Bandara udara Babullah, Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Pelabuhan Rakyat Bastiong dan Pelabuhan ASDP Ternate.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah mengatakan dengan adanya sistem deteksi dini seperti ini, semoga basarnas dapat tanggap dan merespon secara cepat kondisi yang membahayakan. Terkhusus di wilayah Maluku Utara.

Arafah juga menghimbau kepada seluruh potensi bidang pelayaran, agar segera registrasikan EPIRB, ELT dan PLB ke Basarnas, karena proses registrasi, tidak dipungut biaya atau gratis.(thy)


Reporter: Ibenk