01 Juni 2019

Basarnas Peringati Hari Lahir Pancasila

TERNATE, OT - Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia, hal ini diharapkan mampu menjadi pengikat beberapa pulau yang ada di Indonesia menjadi satu dalam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dimana tidak ada pemisah antara bagian barat, tengah, dan timur. 

Pancasila mengandung makna pemersatu bangsa Indonesia yang merupakan Negara kepulauan dan keragaman etnis, budaya, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan, dari sabang sampai merauke dan dari Miangas sampai Rote. Lahirnya Pancasila merupakan suatu proses dimana konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno sebagai dasar Negara Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945 di gedung Chou Sangi In yang kini dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila.

Kantor Basarnas Ternate , Sabtu (1/6/2019), melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila bertempat di lapangan upacara Basarnas Ternate.

Upacara bendera yang dipimpin Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah ini, diikuti oleh seluruh jajaran Basarnas Ternate.

Dalam membacakan sambutan Kepala BPIP RI, Arafah mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara, ideology negara dan pandangan hidup bangsa yang di gali oleh para "Pendiri Bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa, masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara Masi dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila. " Kita Indonesia, Kita Pancasila " tutup Kepala Basarnas Ternate.(thy)


Reporter: Ibenk