17 Juli 2019

Aliansi Solidaritas Haltim Galang Dana Untuk Korban Gempa di Halsel

MABA,OT- Aliansi Solidartas Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) yang terdiri dari OKP dan LSM diantaranya, PMI, SEPRA, GARDA, RBK, KWHT, HPMHT MAKASSAR, serta tokoh Pemuda Haltim menggelar aksi penggalangan dana untuk korban gempa Halsel, Rabu (17/7/2019).

Kordonator Aliansi, Rusmin Hasan mengatakan, aksi tersebut sebagai panggilan hati terhadap peristiwa yang melanda masyarakat Halsel hingga membawa korban harta hingga korban jiwa.

"Banyak yang mengungsi, ada yang luka-luka, bahkan meninggal dunia. Info terkini yang kami akses 5 warga Gane, Halsel meninggal dunia,” kata Rusmin dalam orasinya.

Dikatakan, aksi Aliansi Solidaritas Haltim Peduli Halsel menggelar aksi penggalangan dana di dua titik yakni di Desa Soagimalaha dan Maba Sangaji Kota Maba. “Hari ini sasarannya ke warga dua desa tujuannya menyampaikan peristiwa yang  dialami warga Gane," katanya.

Kata dia, aksi penggalangan dana untuk korban Gempa Bumi direncanakan selama dua hari. "Rencananya kita bagi tugas agar dananya bisa terkumpul," katanya.

Lanjut dia, dengan semangat Falsafat kehidupan Limabot Fafifiye, masyarakat akan membantu warga korban Gempa Gane. "Dengan semangat itulah saya yakin warga haltim akan bantu dengan rasa kemanusiaan," ujarnya.

Rusmin menambahkan, tangisan warga Halsel bagian dari tangisan warga Haltim sebab kita terintegral dalam satu teritorial pulau Halmahera Maluku Utara. (dx)


Reporter: Rudi Mochtar