Home / Ekonomi / Bisnis
31 Oktober 2019

Wali Kota Ternate Resmikan Pengoperasian Pasar Rakyat Moti

Wali Kota didampingi Kadis Perindag saat mengunjungi Pasar Rakyat Moti

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman didampingi Dandim 1501/Ternate, bersama sejumlah pimpinan OPD, Camat Pulau Moti dan para Lurah se-Kecamatan Pulau Moti, meresmikan operasional Pasar Rakyat Moti di areal pelanuhan Moti Kota, Kelurahan Moti Kota, Kecamatan Moti, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Selain meresmikan pengoperasian Pasar Rakyat Moti, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot)  Ternate itu juga menyerahkan bantuan Pemkot Ternate berupa 40 cool box bagi nelayan di Kecamatan Pulau Moti dan penyerahan intensif secara simbolis bagi perangkat RT dan RW se-Kecamatan Moti.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Nuryadin Rahman, mengatakan, kehadiran pasar rakyat Moti ini, diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pulau Moti.

Sementara Camat Pulau Moti dalam sambutannya mengatakan masyarakat Moti tidak perlu lagi berbelanja atau berjualan lagi di Ternate, Tidore atau tempat lain lagi, karena di Moti, saat ini sudah ada pasar.

Wali Kota Ternate, H. Burhan Abdurahman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pasar Rakyat Moti ini telah diresmikan gedungnya beberapa waktu yang lalu, dan dilanjutkan dengan peresmian operasional pada hari ini, "telah menggambarkan kemajuan aktivitas ekonomi di Kecamatan Pulau Moti. Operasional Pasar rakyat yang representatif ini, nanti akan buka setiap harinya sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Moti," kata Wali Kota.

Menurutnya, Pulau Moti memiliki potensi yang cukup besar, karena itu dengan mulai dioperasikannya pasar ini, langkah selanjutnya untuk lebih menghidupkan aktivitas pasar dimasa datang, perlu dipikirkan oleh Camat, Lurah dan tokoh masyarakat serta masyarakat Pulau Moti, untuk bagaimana menonjolkan berbagai potensi untuk dapat dipasarkan dan menjadi unggulan dari Pulau Moti.

Diakhir sambutannya, Wali Kota mengharapkan dengan beroperasionalnya Pasar Rakyat Moti ini, dapat menjadikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat Pulau Moti, sehingga diharapkan kedepannya masyarakat Pulau Moti dapat lebih mandiri, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk dapat men-supply kebutuhan antar pulau di sekitar pulau Moti. (thy)


Reporter: Ibenk