Home / Ekonomi / Bisnis

Wali Kota Serahkan Bantuan Alat Pertanian Untuk Kelompok Tani dan Peternak di Kota Ternate

26 Desember 2021
Wali Kota didampingi Kadistan menyerahkan bantuan

TERNATE, OT - Tidak kurang dari 103 kelompok tani di Kota Ternate, menerima bantuan sarana prasarana dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Pertanian (Distan).

Bantuan sarana prasarana ini diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman kepada tiga Kelompok Tani di Kelurahan Loto dan Togafo, Kecamatan Ternate Barat, pada Sabtu (26/12/2021) di lahan pertanian Kelompok Tani Timamo di Loto.

Batuan yang diserahkan Wali Kota M Tauhid Soleman didampingi Kadis Pertanian, Thamrin Marsaoly itu, bersumber dari Dana Insiatif Daerah (DID) tahun anggaran 2022.

Selain untuk kelompok tani bantuan tersebut juga disalurkan untuk peternak pada sejumlah Kelurahan di wilayah Kota Ternate.

Penyerahan bantuan 

Kepada Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly mengatakan, tidak kurang dari 103 kelompok tani dan peternak di Kota Ternate mendapat bantuan sarana prasarana dengan total anggaran senilai Rp, 1,9 miliar.

Kata dia, anggaran ini bersumber dari DID Kementerian Pertanian yang diperuntukan bagi kelompok tani dan peternakan di Kota Ternate.

"Jadi bantuan DID yang diberikan ke kelompok tani yang diwakili tiga kelompok Kelurahan Loto dan Kelurahan Togafo, berupa prasaran pertanian dan alat pendukung diantaranya, Kultivator, Mulsa, Profil Tenk serta aneka bibit sayuran dan pupuk," kata Tahmrin saat diwawancarai di lahan pertanian kelompok tani Timamo Kelurahan Loto.

Dia mengatakan, bantuan yang disalurkan diprioritaskan untuk kelompok tani produktif atau aktif memproduksi hasil pertanian maupun peternakan.

"Ada seratusan lebih Kelompok tani dan peternak binaan Dinas Pertanian, semua mendapat bantuan, baik peralatan, bibit, pupuk, bibit ayam, bebek dan sarana lainnya," ujar Thamrin. 

Foto bersama

Pemerintah, lanjut Thamrin tetap memperhatikan petani di Kota Ternate dengan berbagai program baik melalui APBD maupun APBN. "Pemerintah Kota Ternate telah berkomitmen untuk mendorong sektor pertanian sebagai sektor unggulan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Thamrin.

Salah satu upaya pemerintah mendorong sektor pertanian adalah dengan memfasilitasi serta memberikan penadmpingan terhadap kelompok-kelompok tani maupun peternak untuk meningkatkan hasil produksi.

Thamrin mengatakan, bantuan sarana dan prasarana yang disalurkan untuk kelompok tani dan perernak, sesuai kebutuhan, "sebelumnya penyuluh pertanian bersama kelompok tani mengidentifikasi kebutuhan, baru kita salurkan bantuan, jadi bantuan-bantuan yang disalurkan ini sesuai kebutuhan para petani dan peternak," tukas Thamrin.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dalam kesempatan tersebut berharap, bantuan-bantuan sarana prasarana dari pemerintah, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para perani dan peternak dalam rangka meningkatlan produktifitas hasil pertanian dan peternakan.

Pemerintah, lanjut Tauhid, telah berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor pertanian sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat petani, "kami baru-baru ini menemui Menteri Pertanian, kami sampaikan potensi-potensi pertanian di Kota Ternate dan alhamdulillah pada tahun depan, Kota Ternate akan mendapat bantuan Kementerian Pertanian," kata Tauhid usai penyerahan bantuan untuk tiga Kelompok Tani di Loto dan Togafo.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT