Home / Ekonomi / Bisnis

Wali Kota Apresiasi Poktan Timamo di Loto

26 Desember 2021

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman didampingi Ketua TP-PKK Kota Ternate, Marliza Tauhid Soleman, Sabtu (25:12/2021), melakukan panen hasil pertanian di lahan yang dikelola Kelompok Tani (Poktan) Timamo di Kelurahan Loto, Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Poktan Timamo merupakan salah satu kelompok tani binaan Dinas Pertanian (Distan) Kota Ternate yang sangat produktif menghasilkan komoditi pertanian mulai dari tomat, rica keriting, timun, teromg hingga berbagai sayur mayur.

Turut hadir dalam panen raya tomat, Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly, Camat Ternate Barat, Lurah Loto, sejumlah tenaga penyuluh pertanian, para pengurus dan anggota Poktan Timamo serta ketua-ketua Poktan lainnya.

.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman pada kesempatan itu memberi apresiasi kepada Poktan Timamo dan para penyuluh pertanian yang ikut membantu pemerintah dalam menyediakan hasil-hasil pertanian.

Dia berharap, hasil pertanian yang ditanam Poktan Timamo dapat menjadi motivasi bagi para petani di Kota Ternate dalam mengembangkan hasil-hasil pertanian untuk menunjang pendapatan masyarakat petani.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu juga berharap, kedepan, komoditi pertanian Kota Ternate tidak lagi bergantung pada daerah-daerah lain.

"Saya berharap, kedepan, kebutuhan tomat, rica, bawang dan sayur mayur tidak lagi dipasok dari Sulawesi atau Jawa, petani kita harus mampu memenuhi kebutuhan hasil pertanian maayarakat Ternate," harap Wali Kota.

Sementara itu, Kadistan Kota Ternate, Thamrin Marsaoly mengaku, terdapat ratusan kelompok tani di Kota Ternate, "dan mereka semua aktif menanam, berbagai komoditi pertanian," ujar Thamrin.

Pemerintah, kata Thamrin terus mendampingi para petani untuk terus meningkatkan hasil-hasil pertanian, "Dinas Pertanian terus berupaya memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan petani, untuk meningkatkan hasil produksi pertanian," tukas Thamrin.

Dia berharap, dengan hasil panen ini, selain dapat memenuhi kebutuhan para petani, hasil-hasil panen ini juga dapat meningkatkan ekonomi petani, "mereka ini sudah memiliki pasar yang jelas, setelah panen, hasilnya langsung dijual," sebut Thamrin.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT