Home / Ekonomi / Bisnis
09 Juli 2019

Tingkatkan Sektor IKM, Disperindag Gandeng PT Pertamina

Kadis Perindag Kota Ternate, Nuryadin Rahman

TERNATE, OT - Dinas Perindustrian dan Perdagangan( Disperindag) Kota Ternate, Selasa (9/7/2019) melaksanakan sosialisasi program kemitraan bekerjasama dengan Pertamina bertempat di meeting room Watterboom Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan Kota Ternate.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Perindag, Nuryadin Rahman, CSR and SMEPP PT. Pertamina Bagja Mahendra, sejumlah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Ternate.

Pelaksanaan sosialisasi program kemitraan kerjasama Disperindag dengan PT Pertamina ini, bertujuan untuk mendorong peningkatan wirausaha baru menuju kemandirian ekonomi Kota Ternate.

Kadis Perindag, Nuryadin Rahman saat ditemui indotimur.com mengatakan, kewirausahaan memiliki peran yang berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi dan standar kehidupan negara dan sektor IKM di Kota Ternate.

Kata dia, ada peningkatan yang cukup.signifikan dalam menunjang sektor ekonomi kreatif, dimana hingga saat ini, jumlah IKM terus mengalami peningkatan, "dari sisi jumlah unit usaha industri berdasarkan data sampai bulan Juni 2019 memiliki 1.338 unit, dengan menyerap lapangan kerja sebanyak 3.848 orang dengan nilai investasi sebesar Rp 51,4 miliyar"jelas Nuryadin.

Olahnya itu, lanjut Nuryadin, setiap penambahan baru usaha industri ini akan menggunakan lebih banyak sumber daya seperti tanah, tenaga kerja dan modal untuk mengembangkan produk dan layanan yang akan menambah pendapatan usaha, "sehingga dampak pada peningkatan pendapatan nasional maupun perkapita negara negara yang merupakan salah satu tujuan utama pembangunan ekonomi," ujarnya.

Lebih lanjut, Nuryadin menyebut, faktor penting dari sumber daya dalam pengembangan produk usaha industri adalah permodalan, "seiring dengan langkah pemerintah Kota Ternate dalam hal ini untuk membantu IKM agar lebih meningkatkan produktif dan daya saing," kata Nuryadin yang akrab disapa NR.

Oleh karena itu, NR berharap, kerjasama Disperindag dengan Pertamina ini, dapat bersinergi untuk bersama-sama mendorong peningkatan usaha IKM serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat Kota Ternate," tutupnya. (MG_03)


Reporter: Gunawan Ibrahim Radja