Home / Ekonomi / Bisnis

Sosialisasi Layanan Pos Giro Mobile, Kantor Pos Ternate Gandeng UMKM

28 November 2020
M. Subhan Kepala Kantor Pos Pemeriksa (KPRK) Ternate

TERNATE, OT - Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam era industri 4.0. Kantor Pos Pemeriksa (KPRK) Ternate, mensosialisasikan pelayanan produk Pos Giro Mobile (PGM) kepada sejumlah UMKM di Kota Ternate.

Kegiatan sosialisasi yang dipusatkan di lantai 3 Muara Hotel Ternate itu, melibatkan.sejumlah UMKM berbasis online di Kota Ternate, dengan menerapkan protokol.kesehatan.

Kepala Kantor Pos Pemeriksa (KPRK) Ternate, M Subhan, menyampaikan, kegiatan ini sebagai langkah memperkenalkan produk layanan digital Kantor Pos, yang juga memberi kemudahan bagi pebisnis online.

Dia menjelaskan, Pos Giro Mobile atau PGM merupakan sebuah terobosan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat terutama dalam pelayanan bertransaksi, yang praktis, cepat, fleksibel.

Aplikasi PGM, yang bisa didownload melalui playsore handphine android juga memiliki fungsi lain, diantara, tempat penyipanan uang (dompet digital), serta dapat membayar berbagai tagihan baik listrik, air, angsuran hingga layanan pembayaran non tunai lainnya.

"PGM memiliki beberapa layanan, diantaranya, Layanan Bill Payment atau pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, PDAM, cicilan motor, mobil, BPJS, pembelian pulsa, token atau voucher dengan jaringan lebih dari 400 billler," kata Subhan di sela-sela sosialisasi.

Kata dia, terkait kegiatan sosialisasi ini Kantor Pos Ternate mengajak sejumlah pengusaha online di Kota Ternate untuk menjelaskan pelayanan PGM.

Selain itu, para pelaku usaha juga mendapatkan akses pelayanan Cash On Delivery (COD) kepada pelaku usaha online.

"Cash on delivery atau collect on delivery (COD) bentuk transaksi keuangan di mana pembayaran dilakukan setelah barang diantar dan diterima oleh pembeli," jelasnya.

Dengan COD ini dapat menunjang usaha bisnis UMKM di Ternate. "Kami juga memberikan pelayanan pickup secara gratis, pengiriman dan pengemasan jika dibutuhkan," tambahnya.

Subhan juga menjelaskan, selain sosialisasi terhadap para pelaku UMKM, pihak Kantor Pos juga  mensosialisasikan produk bermanfaat ini melalui media sosial resmi Kantor Pos, baik instagram, FB maupun tweeter dan lain sebaginya.

Dia berharap, dengan sosilisasi ini, para pelaku usaha maupun masyarakat di Maluku Utara, dapat memanfaatkan inovasi ini, sebagai upaya mempermudah masyarakat dalam bertransaksi.

"Dengan harapan agar masyarakat bisa memanfaatkan media informasi sehingga layanan PGM ini dapat dinikmati pelanggan, untuk memenuhi kebutuhan mereka di masa pandemi covid-19 ini," tutup Subhan.(ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella