Home / Ekonomi / Bisnis
28 Februari 2019

Perindag Ternate Dan MUI Malut Sosialisasi Produk Halal Bagi IKM Di Ternate

TERNATE, OT  - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Ternate, menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Provinsi Maluku Utara dalam melakukan Sosialisasi dan Fasilitas Sertifikat Halal bagi produk IKM di Kota Ternate,

Pelaksanaan Sosialisasi ini dipusatkan di Ballroom Mething Dewanti Hotel, Kamis (28/2/2019), dan dihadiri Disperimdag Provinsi Malut, MUI Provinsi Malut serta IKM binaan Disperindag Ternate.

Kepala Dinas Perindustrian dan  Perdagangan Kota Ternate Nuryadin Rahman dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Industri Perdagangan Sunarto Andili, mengatakan, IKM Kota Ternate dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan terutama dari segi jumIah dan kualitas produk. 

Kata dia, untuk mampu bersaing di pasar global, maka ada kriteria yang harus dipenuhi setiap pelaku usaha dalam menghasilkan produk. "Kriteria yang paling penting adalah produk yang aman (tidak membahayakan), sehat, dan bermanfaat bagi konsumen serta dijamin halal," ujar.Sunarto mengutip sambutan Kadis Perindag Kota Ternate.

Pencantuman label halal, lanjut dia, bukan hanya terdapat pada produk pangan, melainkan sudah meliputi produk kosmetika, tekstil, dan produk keperluan rumah tangga Iainnya. 

"Penggunaan produk yang telah bersertifikat halal tidak hanya diminati oleh masyarakat muslim, tetapi sekarang ini juga diminati oleh masyarakat non muslim, karena produk yang bersertifikat halal dianggap aman untuk dikonsumsi, karena telah melalui berbagai tahap pengujian  dan penelitian oleh lembaga yang berwenang," kata Sunarto.

Pemerintah Kota Ternate, melalui Disperindag, terus berupaya mengembangkan IKM binaaam, termasuk dalam memperoleh sertifikat halal, "tahun 2018 Disperindag memfasilitasi sebanyak 10 IKM untuk mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI Maluku Utara, namun baru tahun ini bekerja sama dengan Disperindag Provinsi Maluku Utara untuk memfasilitasi 20 IKM," terangnya.

Dia berharap, kedepan, bukan hanya sertifikasi halal, namun lebih jauh, kerjasama ini dapat disingkronkan dengan item kegiatan lainnya. "Harapan kami semoga kerjasama ini tidak hanya pada kegiatan yang dilakukan hari ini, tetapi dapat berkolaborasi dengan mensinkronkan kegiatan lainnya untuk kemajuan IKM," tuturnya

Pembinaan dan pemberdayaan IKM, juga dilakukan Dekranasda Kota Ternate dengan terus melakukan pembinaan dan menyediakan tempat pemasaran bagi produk IKM di Maluku Utara terutama IKM binaan Disperindag Kota Ternate. 

Diharapkan nantinya produk IKM tersebut mampu memenuhi standar nasional yang ditetapkan yaitu terjamin halal dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh manusia, agar memberikan citra merk yang dapat dipercaya bagi konsumen.

"Sehingga kedepannya produk-produk yang dipasarkan baik di Dekranasda maupun pusat oIeh oleh lainnya di wilayah Ternate telah bersertiflkasi halal," tutupnya.(red)


Reporter: Randy Basri