Home / Ekonomi / Bisnis

Pemkot Ternate Jamin Stok Bapok Aman Hingga Hari Raya

04 April 2022
Bapok

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, memastikan ketersediaan Bahan Kebutuhan Pokok (Bapok) selama bulan ramadan hingga Idul Fitri nanti aman dan terpenuhi.

Hal ini disampaikan Kabag Ekonomi Setda Kota Ternate, Nursanah Soemadayo, usai mendatangi dua agen besar bapok di Ternate.

"Setelah dicek ke toko Firma Agung dan toko Semarak, dua agen besar Bapok di Kota Ternate, untuk stok Bapok insya Allah aman sampai Idul Fitri," kata Nurhasanah, Senin (4/4/2022).

Selain tersedia di gudang, Bapok milik dua agen ini juga dalam proses order dan pengiriman dari pulau Jawa, "stok Bapok juga sebagian sudah ada di Ternate, tetapi belum dibongkar, masih ada di kapal yang sementara berlabuh di pelabuhan Ahmad Yani," tukas Nurhasanah.

Bapok yang saat ini berada di kapal dan dalam proses pengiriman antara lain, gula pasir, tepung terigu dan minyak goreng kemasan.

Dia mengkalim, pasca pemerintah mencabut HET minyak goreng, ketersediaan minyak goreng kemasan banyak ditemukan di toko maupun ritel, namun harganya cukup mahal.

"Harga minya goreng ini di Ternate belum jelas, usai pemerintah cabut HET, harga minyak goreng naik secara liar," sebutnya.

Sementara itu, terkait harga daging sapi maupun ayam saat ramadhan, Nurhasanah mengaku belum mengcover, namun dia menjamin stok daging aman saat puasa hingga hari raya nanti.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga dan memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di Ternate, Pemkot bersama BI dan unsur terkait lainnya, akan melakukan rapat.

"Sehari dua ini kita akan rapat TPID dengan BI Maluku Utara, untuk memetakan sejumlah kendala pasokan dan ketersediaan bapok di Kota Ternate," pungkasnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT