Home / Ekonomi / Bisnis

Ini Program Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate Untuk Menekan Laju Inflasi

27 Desember 2022
Ilustrasi (ft_ist)

TERNATE, OT - Dinas Ketahanan Pangan (Ketpang) Kota Ternate melalui Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan akan melaksanakan 4 program kegiatan pada tahun depan.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, Haeruddin mengatakan, pada tahun depan, Ketpang telah mengusulkan empat progran atau kegiatan.

Kata dia, empat program tersebut antara lain, cadangan pangan, pasar pangan murah, operasi pasar dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), "jadi empat item ini akan menjadi kegiatan Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate pada tahun 2023 mendatang," kata Haerudin.

Dia menjelaskan, cadangn pangan pemerintah daerah, memiliki peran strategis dalam penyediaan pangan untuk menjaga stabilisasi harga pangan di daerah, "kemudian program pasar pangan murah dalam rangka mengantisipasi terjadinya inflasi,” ungkap Haerudin di Ternate.

Selanjutnya program sinergi TPID yang melibatkan berbagai unsur termasuk BPS, Bank Indonesia, KSOP hingga para diatributor dan agen bahan kebutuhan pokok di Ternate.

Selain empat program tersebut, sambung Haerudin, Dinas Ketpang juga akan melaksanakan program atau kegiatan panel harga, "ini merupakan metode pengambilan data harga pangan strategis setiap hari dari sumber data yang tetap atau pedagang yang ada di pasar untuk dijadikan sebagai sampel," terangnya.

Langkah ini dilakukan untuk mengetahui harga 13 pangan pokok strategis untuk memastikan angka inflasi, "itu yang akan kita laksanakan, karena secara keseluruhan itu adalah bagian dari pengembangan program kami,” jelasnya.

Haerudin berharap, program yang sudah diusulkan oleh Dinas Ketahanan Pangan itu, bisa diakomodir dalam rangka menjaga stabilitas dan ketersediaan pangan bagi masyarakat.

"Jadi ini hasil dari usulan yang sudah masuk pada rencana kegiatan anggaran tahun 2023 tinggal menunggu hasil DPA atau dokumen pelaksanaan anggaran dari Pemerintah Kota Ternate,” pungkasnya.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT