Home / Ekonomi / Bisnis

Ini Kuota Bantuan UMKM 2021 yang Diusulkan Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate

11 Juni 2021
Hadi Hairudin

TERNATE, OT - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Ternate mengusulkan data calon penerima bantuan tahun 2021 sebanyak 17 ribu melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Ternate, Hadi Hairudin menyatakan,  berdasarkan data yang diinput, kuota penerima bantuan tahun ini sebanyak 17 ribu.

Menurut dia, setelah usulan diajukan ke Kementerian, pihaknya menunggu proses verifikasinya, "sekarang ini kami masih terus melakukan pendataan sesuai dengan masyarakat yang mendaftar," kata Hadi.

Dia berharap, data calon pemerima yang diusulkan ke pemerintah pusat dapat diakomodir setelah melalui tahapan verifikasi.

"Jika nanti semua bisa diverifikasi jauh lebih baik karena dapat membantu masyarakat dalam memulihkan perekonomian, semenjak terjadinya pendemi covid-19," harapnya.

Hadi menambahkan, dari kuota tersebut, ada juga bantuan yang diprioritaskan untuk kaum disabilitas. "Bagi kami mereka merupakan bagian terpenting sehingga menjadi tugas dan tanggungjawab kami selaku Dinas Koperasi dan UKM," terangnya.

Hadi menambahkan, pada tahun ini, Dinas Koperasi dan UKM  juga telah mengusulkan bantuan permodalan bagi pelaku usaha muda sebanyak 50 kuota. 

"Tapi biasanya dari 50 usulan tersebut, yang terakomodir hanya 10 saja, namun kita hanya biasa berharap agar Kementerian bisa mengakomudir semuanya," harap Hadi.

"Saya pikir jika nanti mudah-mudahan dari Kementerian mengakomodir pengajuan bagi pelaku muda ini tentu sangat membantu bagi mereka untuk mengembangkan usahanya," pungkas Hadi.

 (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT