Home / Ekonomi / Bisnis

Hasil Tangkap Nelayan Melimpah Harga Ikan di Ternate Stabil

08 Juni 2021
Aktifitas jual beli di pasar ikan kota Ternate (foto_ier)

 TERNATE, OT - Harga ikan pada sejumlah pasar ikan di Kota Ternate mulai stabil. Hal ini disebabkan hasil tangkapan nelayan melimpah.

Amatan indotimur.com, pada sejumlah pasar ikan di Ternate, selain murah stok ikan di pasar juga melimpah.

Ade Malik salah satu pedagang ikan yang ditemui indotimur.com, Selasa (8/6/2021) mengaku, saat ini harga jual ikan sudah kembali normal, dimana pada bulan sebelumnya harga ikan cukup tinggi.

Kata dia, jika sebelumnya harga ikan cakalang, mencapai Rp, 100 ribu, per kilogram, saat ini, cakalang dijual dengan harga Rp, 40 hingga 50 ribu per kilogram.

Bahkan ikan-ikan yang sebelumnya jarang dijumpai kini mulai melimpah, misalnya ikan komo, dolosi, kembung, hingga ikan tude dan sorihi bisa ditemukan pada sejumlah pasar ikan di Ternate.

Dia menyatakan, memasuki bulan baru, hasil tangkapan nelayan mulai melimpah sehingga suplai yang masuk cukup banyak.

"Kami selaku pedangang hanya bisa berharap kondisi seperti ini bisa bertahan jikalau nanti cuaca buruk, semoga hasil tangga nelayan tetap cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," harapnya.

Sementara Nirnia, salah satu pembeli menyebutkan, saat waktu lebaran hingga pasca lebaran, ikan di pasar sangat sulit ditemui.

Dia mengaku, karena sulit dan mahal, kadang untuk memenuhi kebutuhan keluarga, Nirnia memilih untuk mengkonsumsi telur.

"Tetapi kali ini sudah banyak ikan yang dijual, dengan harga relatif murah mulai dari Rp 20 jingga 40 ribu, tergantung jenis dan ukuran ikan," pungkasnya.

 (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT